Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta.

Dewi Hertanti, 3351401077 (2005) Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (Pengaruh Faktor-Faktor Fundamental terhadap Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Jakarta.) - Published Version
Download (498Kb)

    Abstract

    Pengungkapan laporan keuangan merupakan faktor signifikan dalan pencapaian efisiensi pasar modal dan sarana akuntabilitas publik. Salah satu tolak ukur kualitas pengungkapan laporan keuangan perusahaan adalah dari tingkat kelengkapan pengungkapan laporan keuangannya. Penelitian ini menguji pengaruh faktor-faktor fundamental yang tercermin dalam rasio likuiditas, leverage, profitabilitas, porsi saham publik dan ukuran perusahaan terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Penelitian semacam ini akan memberikan pengetahuan bagi pembuat kebijakan dalam menilai kualitas akuntansi suatu perusahaan. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) adakah pengaruh rasio likuiditas, rasio leverage, rasio profitabilitas, porsi saham publik dan ukuran perusahaan baik secara simultan maupun secara parsial terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan, (2) seberapa besar pengaruh faktor-faktor fundamental terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Populasi penelitian ini adalah laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Teknik pengambilan sampel adalah dengan purposive sampling dan diperoleh 35 perusahaan sebagai sampel penelitian. Periode pengamatan adalah 2 (dua) tahun yaitu tahun 2002 dan 2003. Sehingga total sampel yang diperoleh adalah 70 laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Jakarta. Metode pengumpulan data adalah dengan metode dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi berganda (Multiple Regression Analisys) dengan bantuan SPSS 11 for windows. Hasil regresi berganda dengan menggunakan tingkat signifikansi α = 5% menunjukkan hasil sebagai berikut : R2 = 0,502; F = 14,909; signifikansi = 0,000. Hasil ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat pengaruh positif antara faktor-faktor fundamental terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Secara parsial hanya variabel leverage, porsi saham publik, dan ukuran perusahaan yang berpengaruh positif terhadap kelengkapan pengungkapan laporan keuangan. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, penelitian yang akan datang disarankan menggunakan populasi yang lebih banyak dan melibatkan para ahli di bidang ini dalam penentuan jumlah dan penilaian item pengungkapan laporan keuangan. Belum optimalnya jumlah item yang diungkap perusahaan mensyiratkan Bapepam perlu mengontrol laporan keuangan yang disampaikan oleh perusahaan (emiten).

    Item Type: Thesis (Under Graduates)
    Uncontrolled Keywords: Faktor-Faktor Fundamental, Kelengkapan Pengungkapan Laporan Keuangan
    Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
    Fakultas: Fakultas Ekonomi > Akuntansi, S1
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 25 Mar 2011 04:36
    Last Modified: 24 Apr 2015 23:58

    Actions (login required)

    View Item