RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI TRAINER SISTEM KENDALI MOTOR SEMI-AUTOMATIS MENGGUNAKAN TDR (TIME DELAY RELAY) DI SMK NU UNGARAN


Indarto, 5301411004 (2017) RANCANG BANGUN DAN IMPLEMENTASI TRAINER SISTEM KENDALI MOTOR SEMI-AUTOMATIS MENGGUNAKAN TDR (TIME DELAY RELAY) DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411004.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (508kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan kurang maksimalnya pembelajaran sistem kendali motor di SMK NU Ungaran Jurusan Teknik Elektronika Industri dikarenakan media alat sebagai penunjang praktikum belum tersedia, sehingga berdampak pada pemahaman siswa terhadap sistem kendali motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana merencanakan dan membuat trainer, hasil uji kelayakan trainer, dan hasil belajar siswa dengan implementasi trainer sistem kendali motor 3 fasa semi-automatis menggunakan TDR yang dilengkapi buku panduan. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Eksperimen. Bentuk desainnya adalah Pre-Experimental Designs yang berupa One-Shot Case Study. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar angket, dokumentasi, dan tes pilihan ganda. Hasil penelitian ini yang pertama menghasilkan trainer. Kedua, pada uji kelayakan trainer diketahui pada indikator kinerja dan kemudahan menunjukkan skor yang sama yaitu 3,33 termasuk dalam kriteria Sangat Setuju, sedangkan pada indikator manfaat trainer memperoleh skor 2,58 dengan kriteria setuju. Ketiga, pada hasil belajar siswa dengan implementasi trainer yang dilengkapi buku panduan praktikum mengalami peningkatan yang signifikan dari rata-rata awal 66,50 menjadi 75,33. Berdasarkan analisis data hasil penelitian dapat disimpulkan trainer yang dilengkapi dengan buku panduan praktikum dinyatakan layak sebagai media pembelajaran sehingga hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang signifikan. Disarankan bagi peneliti yang akan melakukan penelitian sejenis agar menambah variasi materi rangkaian kendali motor pada buku panduan praktikum dan bagi guru untuk menggunakan trainer dan buku panduan praktikum sebagai media pembelajaran karena dapat meningkatkan hasil belajar pada siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Trainer, Motor Semi-Automatis, TDR
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 19:01
Last Modified: 05 Apr 2019 14:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30995

Actions (login required)

View Item View Item