PEMANFAATAN PROGRAM FESTO FLUIDSIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEREKAYASA SISTEM ROBOTIK SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO SEMARANG


Prasadha Jatilaksana , 5301410050 (2017) PEMANFAATAN PROGRAM FESTO FLUIDSIM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA PEREKAYASA SISTEM ROBOTIK SISWA KELAS XI DI SMK TEXMACO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301410050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (590kB) | Preview

Abstract

Proses Belajar Mengajar (PBM) adalah bagian penting dalam proses pendidikan yang di dalamnya guru sebagai pengajar dan siswa sebagai yang belajar. Keberhasilan PBM merupakan hal yang sangat diharapkan baik oleh guru maupun siswa. Keberhasilan siswa dalam belajar tidak semata-mata ditentukan siswa saja, tetapi juga guru yang di dalam menyajikan konsep pembelajaran. Sehingga, siswa dapat memahami dan menerima pelajaran atau pembelajaran dengan baik. Materi perekayasa sistem robotik merupakan salah satu kompetensi penting yang wajib dikuasai siswa SMK program keahlian elektronika industri. Proses kegiatan belajar mengajar di SMK TEXMACO jurusan Elektro Industri yang mencakup tentang mata pelajaran pneumatic bisa dikatakan kurang mendukung. Hal itu dapat dilihat dari proses pembelajaran yang terjadi dikelas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangan media perekayasa sistem robotik menggunakan program festo fluidsim dapat membantu guru dalam mengajar dan mengembangkan media perekayasa sistem robotik menggunakan program festo fluidsim, sehingga dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Penelitian ini bertempat di SMK Texmaco yang beralamat di Jl.Raya Mangkang Km.16 , Kota Semarang 50155. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa siswi kelas XI SMK Texmaco Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling yaitu teknik pengambilan sampel berdasarkan kriteria tertentu yaitu kelas XI. Jumlah sampelnya adalah 69 orang. Teknik analisis menggunakan eksperimen dengan kelas tanpa dan dengan perlakuan, kemudian akan dibandingkan hasil belajarnya. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengembangan perekayasa sistem robotik menggunakan program festo fluidsim dapat membantu guru dalam mengajar. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil rata-rata nilai untuk peningkatan sebelum dibandingkan dengan siklus 1 dan 2 setelah adanya implementasi perekayasa sistem robotik menggunakan program festo fluidsim.Pengembangan perekayasa sistem robotik menggunakan program festo fluidsim dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMK TEXMACO SEMARANG pada progam keahlian Elektro Industri.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Program Festo Fluidism, Perekayasaan Sistem Robotik
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 14 May 2018 18:08
Last Modified: 02 Apr 2019 18:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30992

Actions (login required)

View Item View Item