PENGARUH PENAMBAHAN SPIRITUS PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN, LAMBDA, DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR


Agus Lutanto , 5202413082 (2017) PENGARUH PENAMBAHAN SPIRITUS PADA BAHAN BAKAR PERTALITE TERHADAP UNJUK KERJA MESIN, LAMBDA, DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413082.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (937kB) | Preview

Abstract

Setiap tahun jumlah kebutuhan bahan bakar minyak semakin meningkat. Hal tersebut salah satunya disebabkan oleh peningkatan penggunaan sepeda motor. Perlu adanya bahan bakar alternatif untuk mengurangi ketergantungan sepeda motor terhadap bahan bakar minyak. Salah satu bahan bakar alternatif adalah spiritus. Penggunaan spiritus sebagai bahan bakar alternatif juga harus memperhatikan unjuk kerja mesin dan emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan campuran bahan bakar pertalite dan spiritus terhadap unjuk kerja mesin, lambda, dan emisi gas buang sepeda motor. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen (experimental research). Bahan bakar yang digunakan adalah M0, M5, M10, M15, M20, dan M25 yang diuji pada sepeda motor Suzuki Shogun R 125 dengan alat dynotest untuk mengetahui unjuk kerja mesin dan dengan alat emission gas analyzer untuk mengetahui lambda dan emisi gas buang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa dengan penggunaan campuran bahan bakar pertalite dan spirtus akan meningkatkan unjuk kerja mesin dan mengurangi emisi gas buang. Unjuk kerja berupa torsi dan daya mencapai nilai maksimal saat menggunakan bahan bakar M25. Hal tersebut juga berlaku pada emisi gas buang, dimana dengan bakar M25 akan menghasilkan HC dan CO yang rendah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: unjuk kerja, lambda, emisi gas buang, pertalite, spiritus
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 13:11
Last Modified: 11 May 2018 13:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30991

Actions (login required)

View Item View Item