PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA KULIAH TEKNIK TENAGA LISTRIK PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Mohamad Ali Firdaus , 5202413075 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PERAGA ELEKTRONIKA DASAR PADA MATA KULIAH TEKNIK TENAGA LISTRIK PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413075.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (720kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji tingkat kelayakan media peraga elektronika dasar dan menguji peningkatan hasil belajar mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2016 Universitas Negeri Semarang pada proses pembelajaran mata kuliah Teknik Tenaga Listrik dengan menggunakan media peraga elektronika dasar. Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan 4-D dengan desain uji coba Nonequivqlent Control Group Design. Desain uji coba Nonequivqlent Control Group Design yaitu terdapat dua kelas, kelas eksperimen dan kelas kontrol. Metode analisis data menggunakan uji kelayakan untuk mengetahui kelayakan media peraga dan uji normalitas, uji homogenitas, uji t, uji gain untuk menghitung perbedaan antara kelompok eksperimen dan kontrol serta untuk menghitung peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan nilai uji kelayakan media peraga sebesar 81% dalam kategori “layak” dan nilai respon mahasiswa terhadap media peraga elektronika dasar sebesar 82% dalam kategori “sangat setuju”. Hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media peraga elektronika dasar menunjukkan adanya peningkatan sebesar 17.51 atau sama dengan 33% dan hasil belajar kelas kontrol tanpa menggunakan media peraga elektronika dasar menunjukkan adanya peningkatan sebesar 11,29 atau sama dengan 20,6%. Hasil ini membuktikan bahwa media peraga layak digunakan untuk media pembelajaran dan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini menyarankan Pembelajaran dengan menggunakan media peraga elektronika dasar harus tetap diimbangi dengan materi yang sudah ada menggunakan media seperti biasanya untuk mencapai pembelajaran yang maksimal, karena media peraga elektronika dasar merupakan media pembantu untuk memahami komponen elektronika dasar dan cara pengukuran komponen elektronika dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media, Elektronika, Belajar
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 13:06
Last Modified: 11 May 2018 13:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30989

Actions (login required)

View Item View Item