PENGEMBANGAN E-MODULTRANSMISI OTOMATISMOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rullyta Widya Renggani , 5202413070 (2017) PENGEMBANGAN E-MODULTRANSMISI OTOMATISMOBIL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan e-modul transmisi otomatis mobil dan mengetahui kelayakannya, peningkatan hasil belajar, dan tanggapan mahasiswa terhadap penggunaan e-modul transmisi otomatis mobil yang dikembangkan. Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan dan penelitian (Research and Development/R&D). Penelitian ini menggunakan desain uji coba Quasi Experimental Design dengan model Nonequivalent Control Group Design. Hasil uji coba ahli media memperoleh persentase kelayakan sebesar 93,8% sedangkan ahli materi sebesar 77%, keduanya memperoleh kriteria sangat layak. Peningkatan nilai rata-rata pretest dan posttest sebesar 12,5% untuk kelompok kontrol dan 24,05% untuk kelompok eksperimen. Hasil analisis uji-t diperoleh thitung sebesar -0,48 untuk pretest yang berarti tidak terdapat perbedaan, sedangkan hasil thitung untuk posttest sebesar 2,89 yang berarti terdapat perbedaan. Hasil perhitungan uji n-gain memperoleh ratarata gain sebesar 0,34 untuk kelas kontrol dan 0,46 untuk kelas eksperimen, keduanya memperoleh kriteria peningkatan sedang. Analisis tanggapan mahasiswa memperoleh persentase sebesar 80% dan mendapat kriteria sangat baik. Saran untuk penelitian ini adalah pengembangan lanjut e-modul transmisi otomatis mobil menggunakan software yang memiliki fitur-fitur canggih sehingga memperkecil kelemahan pada e-modul. Pemanfaatan e-modul transmisi otomatis mobil pada pembelajaran sebaiknya menggunakan komputer/laptop untuk masing-masing pengguna. Pengembangan kembali e-modul dengan menambahkan video pada materi pemeriksaan komponen dan thoubleshooting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: chasis pemindah daya, e-modul, full hydraulic, R&D, transmisi otomatis mobil.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 13:01
Last Modified: 11 May 2018 13:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30988

Actions (login required)

View Item View Item