PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGGUNAAN GAS ANALYZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR


Fajar Rian Muarif , 5202413056 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGGUNAAN GAS ANALYZER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413056.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (333kB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan, efektifitas multimedia, sumbangan relativ dan efektif . Model pengembangan pada penelitian ini menggunakan model pengembangan dan penelitian (Research and Development/R&D). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah 2 orang ahli media, 2 orang ahli materi, dan mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif angkatan 2015 sebanyak 30 orang. Hasil uji kelayakan ahli materi adalah 75 % dengan kriteria “layak” dan untuk rata-rata presentase hasil uji ahli media adalah 90,8 % dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji ketertarikan siswa menunjukkan bahwa multimedia yang telah dikembangkan memenuhi kriteria “sangat tertarik” dengan persentaase sebesar 76,22 %. Multimedia efektif dengan nilai pre test sebelum diberikan multimedia pembelajaran adalah 60,08 dan setelah diberikan multimedia pembelajaran, ratarata nilai post tes hasilnya adalah 78. Berdasarkan uji t-berpasangan dapat ditarik hasil dari ݐ௛௜௧௨௡௚ = 59,81�dan ݐ௧௔௕௘௟ = 2,45. Karena nilai ݐ௛௜௧௨௡௚ > ݐ௧௔௕௘௟�maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan multimedia pembelajaran yang dikembangkan. Berdasarkan Hasil uji gain didapatkan nilai 0,44 yang menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar menggunakan multimedia pembelajaran interaktif alat ukur dalam kategori sedang. Sumbangan relative yang dihasilkan sebesar 77% dan sumbangan efektif sebesar 43%. Saran untuk penelitian ini adalah peserta didik diharapkan mampu menggunakan secara mandiri sehingga peningkatan hasil pembelajaran dapat lebih maksimal. Pengajar dapat mengembangakan materi seiring dengan perkembangan teknologi. Pengajar diharapkan dapat menggunakan multimedia karena terbukti efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: emisi gas buang, gas analyser, multimedia interaktif.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 12:58
Last Modified: 11 May 2018 12:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30987

Actions (login required)

View Item View Item