PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN BODY REPAIR DAN KAROSERI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN


Ripah Mulat Sari , 5202413050 (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEACHING FACTORY UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI KEAHLIAN BODY REPAIR DAN KAROSERI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (321kB) | Preview

Abstract

SMK sebagai lembaga pendidikan yang memberikan bekal keterampilan kepada peserta didik berupaya untuk dapat menciptakan tenaga kerja yang terampil dan siap kerja. Salah satu cara yang dilakukan oleh SMK dalam menanggulangi hal tersebut adalah dengan membekali kompetensi peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran teaching factory pada pekerjaan body repair dan karoseri. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kompetensi keterampilan dan mengetahui peningkatan kompetensi keterampilan peserta didik kelas XI Jurusan Otomotif SMK Muhammadiyah 2 Borobudur Magelang dengan diterapkannya model pembelajaran teaching factory. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian experimental. Bentuk desain yang digunakan yaitu pre-experimental one group pretest posttest. Pemberian treatment pada penelitian ini yaitu pelaksanaan pembelajaran teaching factory body repair dan karoseri. Desain pengembangan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model 4-D. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada kompetensi keahlian yang dicapai oleh peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil uji beda (t-test) dengan nilai hasil thitung = 32.3140 lebih besar dari ttabel = 2.0452 pada dk = 29. Selain itu terdapat peningkatan yang signifikan pada kompetensi keahlian yang dicapai oleh peserta didik dengan hasil perhitungan uji N-gain sebesar 0.35 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Peningkatan kompetensi keahlian yang dicapai oleh peserta didik dipengaruhi oleh tingginya motivasi peserta didik saat melakukan pekerjaan yang diwujudkan dengan sikap kerja yang tinggi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teaching Factory, Kompetensi, Body Repair, Karoseri
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 12:55
Last Modified: 11 May 2018 12:55
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30986

Actions (login required)

View Item View Item