PENGEMBANGAN JOB SHEET INTERACTIVE BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PRAKTIKUM SISTEM LAMPU KEPALA


Ahmad Solikhuddin , 5202413041 (2017) PENGEMBANGAN JOB SHEET INTERACTIVE BERBASIS MULTIMEDIA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA PRAKTIKUM SISTEM LAMPU KEPALA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan job sheet interactive berbasis multimedia aplikasi android untuk meningkatkan pemahaman praktikum sistem lampu kepala di SMK Islam Al-Hikmah Mayong. Analisis data awal terhadap hasil pretest menunjukkan hasil uji t sebesar 0,337 yang artinya Ho diterima atau tidak terdapat perbedaan yang sangat signifikan dari nilai pretest antara kelas kontrol dan kelas eksperimen atau keduanya berada pada kondisi yang sama dengan intrepretasi nilai yang rendah sehingga diharapkan dengan menggunakan job sheet interactive pada kelas eksperimen mampu meningkatkan pemahaman praktikum sistem lampu kepala. Metode penelitian yang digunakan yaitu R&D (Research and Development) dengan model ADDIE yaitu Analysis , Design, Development, Implementation, and Evaluation. Media dibuat dengan menggunakan program eclips atau android developer tools yang sebelumnya dilakukan desain awal utuk menentukan desain tampilan, content, dan proses pembelajaran. Setelah itu diuji kelayakannya oleh ahli materi dan ahli media untuk selanjutnya dilakukan penelitian terbatas guna melihat apakah media terbilang efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran praktikum sistem lampu kepala. Untuk selanjutnya dilakukan evaluasi baik terhadap pengguna ataupun media. Hasil penelitian membuktikan bahwa berdasarkan uji kelayakan ahli materi memperoleh skor rata-rata 83,26% dengan kategori sangat layak sedangkan untuk hasil uji kelayakan ahli media memperoleh skor rata-rata 90,56% dengan kategori sangat layak. Setelah dilakukan penelitian terbatas terhadap 70 siswa SMK Islam Al-Hikmah Mayong yang terbagi menjadi 35 kelas kontrol dan 35 kelas eksperimen memperoleh hasil bahwa rata-rata skor meningkat dari 62% menjadi 85% atau berdasarkan nilai n-gain meningkat sebesar 0,61 setelah menggunakan job sheet yang dikembangkan. Berdasarkan analisis uji t berpasangan menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang sangat signifikan terhadap pemahaman praktikum sistem lampu kepala antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hal ini menunjukkan job sheet interactive mampu meningkatkan pemahaman praktikum sistem lampu kepala. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa job sheet interactive berbasis multimedia yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran praktikum sistem lampu kepala. Saran dari peneliti, untuk aplikasi yang telah dikembangkan diharapkan dapat digunakan dan diterapkan dalam kegiatan praktikum serta dikembangkan pada kompetensi-kompetensi yang seperti Engine Tune Up, Sistem Pengapian dan sistem transmisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Job sheet Interactive, Multimedia, Aplikasi, Android, Lampu Kepala.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 12:52
Last Modified: 11 May 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30985

Actions (login required)

View Item View Item