KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA VIDEO ALAT EFI SCANNER TERHADAP PEMAHAMAN DIAGNOSIS SISTEM EFI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN


Miftah , 5202413035 (2017) KEEFEKTIFAN PENERAPAN MEDIA VIDEO ALAT EFI SCANNER TERHADAP PEMAHAMAN DIAGNOSIS SISTEM EFI PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN KELISTRIKAN KENDARAAN RINGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413035.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan media video sebagai media pengantar dan untuk mengetahui adanya peningkatan pemahaman menggunakan alat EFI scanner dalam mendiagnosis sistem EFI pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Penelitian ini menggunakan metode tes, populasi penelitian ini adalah peserta didik kelas XII TKR di SMK Negeri 1 Kedungwuni yang berjumlah 64 orang dan diambil sebagai sampel 1 kelas yang berjumlah 32 orang. Desain penelitian one group pre test post tes design. Pengumpulan data menggunakan lembar validasi ahli media dan ahli materi serta instrumen tes berupa pilhan ganda sebanyak 30 soal. Analisis data disajikan dalam tabel yang berupa hasil uji pre test dan post test. Berdasarkan penelitian yang dilakukan uji validasi media dan ahli materi dinyatakan sangat layak. Hasil penelitian diperoleh data berupa nilai rata-rata pre test sebesar 57,50 dan rata-rata nilai post test sebesar 77. Peningkatan pemahaman peserta didik dikategorikan menjadi 3, yaitu: mudah (0,00–0,29), sedang (0,30–0,69) dan tinggi (0,700–1,00) dari hasil hitung N-gain didapatkan nilai sebesar 0,46 yang termasuk dalam kategori sedang. Hasil uji hipotesis dengan α= 0,05 dan dk= n-1= 32-1= 31, maka thitung= 23,49 > ttabel= 2,04 artinya H0 ditolak sehingga ada peningkatan pemahaman mendiagnosis menggunakan alat EFI scanner dengan perantara media video pada mata pelajaran pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Penggunaan media video dalam pembelajaran mempunyai sumbangan relatif sebesar 81,45% dan sumbangan efektif sebesar 27,69% sehingga dapat disimpulkan bahwa media video efektif digunakan sebagai pengantar pembelajaran. Saran dalam penelitian ini adalah guru dapat menggunakan media video sebagai pengantar proses pembelajaran peserta didik pada kompetensi dasar sistem bahan bakar injeksi bensin karena terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman hasil belajar peserta didik. Penggunaan media video harus didukung dengan software yang mampu digunakan untuk mengoperasikan media video pada komputer sehingga terhindar dari kendala teknis saat pemebelajaran berlangsung. Pengajar dapat mengembangkan penggunaan media video pada mata pelajaran yang lain sesuai dengan perkembangan teknologi di bidang otomotif. Peserta didik diharapkan mampu belajar secara mandiri karena media video dapat diterapkan pada gadget sehingga pembelajaran dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media video, Keefektifan pembelajaran, Scanner.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 May 2018 17:51
Last Modified: 09 May 2018 17:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30983

Actions (login required)

View Item View Item