PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN TRANSISTOR BERBASIS AUDIO DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKR SMK TUNAS HARAPAN PATI


Muhammad Aminun Najib , 5202413023 (2017) PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM PENGAPIAN TRANSISTOR BERBASIS AUDIO DENGAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XII TKR SMK TUNAS HARAPAN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (688kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan peraga sistem pengapian yang telah dikembangkan dan mengetahui apakah peraga sistem pengapian dengan menggunakan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswapada pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan jenis 4D, yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dan diseminasi (disseminate). Menggunakan desain True Eksperimental Design dengan pola pretest-posttest control group design, teknik dan instrumen pengumpulan data menggunakan tes tertulis dan praktik sebagai alat pengumpul data. Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XII Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Tunas Harapan Pati pada materi pemeliharaan kelistrikan kendaraan ringan dengan jumlah 144 siswa. Sampel penelitian ini diambil 34 siswa dari 17 siswa sebagai kelompok kontrol dan 17 siswa sebagai kelompok eksperimen. Hasil uji validitas kelayakan peraga yang dihasilkan sangat layak digunakan untuk pembelajaran dengan hasil kelayakan oleh ahli media 81% dan ahli materi 87% sedangkan hasil analisis deskriptif kuantitatif diketahui bahwa hasil pre-test dan post-test pada kedua kelompok mengalami peningkatan. Terlihat dari hasil pretest-posttest pada proses pembelajaran peraga sistem pengapian transistor, kelompok kontrol meningkat sebesar 6,64 dari rata-rata awal 69,38 menjadi 76,02 Sedangkan kelompok eksperimen peningkatannya lebih besar dengan persentase peningkatan sebesar 11,36 dari rata-rata awal 69,10 menjadi 80,46. Namun besarnya peningkatan berbeda antara kelompok kontrol dan kelompok eksperimen. Berdasarkan uji t posttest diketahui rata-rata hasil belajar kelompok kontrol sebesar 76,02 dan rata-rata hasil belajar kelompok ekspermen sebesar 80,46, jadi dapat disimpulkan bahwa rata-rata hasil belajar kelompok eksperimen 4,44 lebih besar dibanding dengan kelompok kontrol. Diketahui ݐ௛௜௧௨௡௚ sebesar 3,969 dengan signifikansi 0,000. Didapatkan ݐ௛௜௧௨௡௚>ݐ௧௔௕௘௟ ( 3,969 > 2,131) dan nilai signifikansinya kurang dari 0,05 (p= 0,00< 0,05). Dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan skor hasil belajar siswa secara signifikan pada kelompok kontrol dan eksperimen. Dengan demikian, secara umum dapat disimpulkan bahwa peraga sistem pengapian transistor yang dikembangkan sangat layak digunakan dalam pembelajaran dan pembelajaran menggunakan peraga dengan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa secara signifikan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem pengapian transistor, Metode demonstrasi, hasil belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 10 May 2018 00:41
Last Modified: 10 May 2018 00:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30980

Actions (login required)

View Item View Item