PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KALIPUCANGKULON 02 JEPARA
Purnomo Adi, 4101401027 (2006) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KALIPUCANGKULON 02 JEPARA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIKA SISWA KELAS V SD KALIPUCANGKULON 02 JEPARA)
- Published Version
Download (445kB) | Preview |
Abstract
Kompetensi yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika terkait dengan keterampilan (kemahiran) matematika antara lain adalah untuk mengkomunikasikan atau mengemukakan gagasan matematika secara lisan, tulisan atau mendemonstrasikan. Oleh karena itu selain hasil belajar, kemampuan komunikasi matematika siswa juga perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa, diperlukan model pembelajaran yang sesuai yang mampu melibatkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran sehingga mampu membentuk komunitas matematika di dalam kelas. Sesuai dengan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Kalipucangkulon 02 Jepara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek dalam penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas V SD Kalipucangkulon 02 Jepara pada subpokok bahasan Satuan Pengukuran Luas dan Volum pada tahun pelajaran 2005/2006. Data diambil dengan menggunakan tes dan lembar pengamatan. Untuk memperoleh data tentang kemampuan komunikasi matematika siswa, diambil data dengan lembar pengamatan aktivitas siswa serta dari hasil tes soal komunikasi matematika. Sedangkan untuk memperoleh data tentang hasil belajar, diambil data tes evaluasi tiap siklus. Indikator keberhasilan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah apabila nilai rata-rata kelas ≥ 70 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar ≥ 75%, apabila diperoleh skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran ≥ 2,5 yang diambil dengan menggunakan lembar pengamatan, dan apabila ≥ 75% siswa memperoleh skor rata-rata ≥ 2,5 dalam mengerjakan soal kemampuan komunikasi matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan skor rata-rata kemampuan komunikasi matematika siswa dalam pembelajaran meningkat dari rata-rata 2,0 pada siklus I menjadi 3,125 pada siklus II dari skala maksimum 4. Banyaknya siswa yang memperoleh skor rata-rata ≥ 2,5 dalam mengerjakan soal komunikasi matematika juga meningkat dari 16 siswa (43,25%) pada siklus I menjadi 29 siswa (78,38%) pada siklus II. Pada hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan, diperoleh nilai rata-rata kelas 64,73 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 37,84% sebelum diadakan penelitian meningkat menjadi 70,14 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 51,35% pada siklus I meningkat lagi menjadi 77,70 dengan persentase ketuntasan klasikal sebesar 81,08% pada siklus II. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar dan kemampuan komunikasi matematika siswa kelas V SD Kalipucangkulon 02 Jepara
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | MODEL PEMBELAJARAN, KOOPERATIF TIPE STAD,HASIL BELAJAR, KOMUNIKASI |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 01 Aug 2011 06:30 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3098 |
Actions (login required)
View Item |