PENGARUH VARIASI LARUTAN WATER INJECTION PADA INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR


Dedi Antoni , 5202413008 (2017) PENGARUH VARIASI LARUTAN WATER INJECTION PADA INTAKE MANIFOLD TERHADAP PERFORMA DAN EMISI GAS BUANG SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413008.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (660kB) | Preview

Abstract

Salah satu inovasi di bidang otomotif adalah penambahan water injection pada sepeda motor, hal tersebut diharapkan mampu meningkatkan performa dan pengendalian emisi gas buang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan water injection dengan variasi larutan A1(air akuades 100%), variasi larutan A2 (air akuades 90% + metanol 10%), variasi larutan A3 (air akuades 80% + metanol 20%), dan variasi larutan A4 ( air akuades 70% + metanol 30%) terhadap performa yang meliputi daya dan torsi serta emisi gas buang sepeda motor yang meliputi CO dan HC. Metode penelitian yang dilakukan adalah eksperimen dengan menggunakan sepeda motor Honda vario 125 eSP tahun 2012. Pengujian performa menggunakan alat dynamometer untuk mengetahui torsi dan daya, sedangkan pengujian emisi gas buang yang meliputi CO dan HC menggunakan alat uji gas analyzer. Data hasil penelitian dianalisis dengan cara mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh penggunaan variasi larutan water injection pada sepeda motor. Hasil pengujian torsi tertinggi dihasilkan oleh water injection variasi larutan A2 pada putaran mesin 2000 rpm dengan torsi maksimum sebesar 23,23 N.m, sedangkan daya tertinggi dihasilkan oleh water injection variasi larutan A1 pada putaran mesin 8000 rpm dengan daya maksimum 6,56 kW. Hasil pengujian kadar emisi CO terendah dihasilkan oleh water injection variasi larutan A1 pada putaran 2300 rpm dengan kadar CO sebesar 0,08% vol, sedangkan kadar HC terendah dihasilkan oleh water injection variasi larutan A1 dan A2 pada putaran 2300 rpm dengan kadar HC sebesar 145,33 ppm. Kadar HC tertinggi dihasilkan oleh water injection variasi larutan A4 pada putaran 2000 rpm dengan kadar HC sebesar 369,33 ppm. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pengaruh terbesar penggunaan variasi larutan water injection pada sepeda motor terhadap torsi dihasilkan oleh variasi larutan A2 dengan nilai kenaikan sebesar 1,38 N.m, sedangkan pada daya dihasilkan oleh variasi larutan A1 dengan nilai kenaikan sebesar 0,47 kW. Rata-rata penurunan kadar CO terendah didapatkan oleh variasi larutan A2 dengan nilai penurunan sebesar 0,38% vol, sedangkan rata-rata penurunan kadar HC terendah didapatkan oleh variasi larutan A1 dengan nilai penurunan sebesar 38,33 ppm. Saran peneliti untuk penggunaan water injection sebaiknya menggunakan variasi larutan yang paling efektif yaitu variasi larutan A1 (air akuades 100%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Variasi, Larutan, Water, Injection, Performa, Emisi
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 May 2018 17:30
Last Modified: 09 May 2018 17:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30978

Actions (login required)

View Item View Item