PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PULLEY BASED CVT’S ( CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) PADA MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Mukhlis Nugroho , 5202412084 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PULLEY BASED CVT’S ( CONTINOUSLY VARIABLE TRANSMISSION ) PADA MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412084.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (696kB) | Preview

Abstract

Keberhasilan dalam proses perkuliahan di perguruan tinggi memerlukan suatu media dan model pembelajaran yang efektif. Seorang pengajar dituntut untuk memiliki kemampuan memilih dan mengembangkan pembelajaran yang efektif dengan tujuan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif dan tidak membosankan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kevalidan multimedia interaktif pulley based CVT’s yang telah dikembangkan dan menguji keefektifan pemanfaatan multimedia interaktif pulley based CVT’s yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model R&D yang terdiri 10 langkah. Desain uji coba dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan pola one group pre test-post test. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 31 Mahasiswa Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang dengan mempertimbangkan proses pembelajaran sepeda motor matik yang masih menggunakan media yang berisikan teks dan gambar. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada dua yaitu instrumen tes dan instrumen kuesioner (angket). Hasil penelitian menunjukkan bahwa multimedia yang telah dikembangkan teruji valid dan efektif. Kevalidan multimedia ditunjukkan melalui hasil validasi dari ahli media pertama dan ahli media kedua sebesar 81,25% sehingga memenuhi kriteria sangat layak dan hasil validasi dari ahli materi pertama dan ahli materi kedua sebesar 83,35% sehingga memenuhi kriteria sangat layak serta didukung pengujian ketertarikan yang dilakukan oleh 31 mahasiswa yang menggunakan multimedia dalam pembelajaran sepeda motor matik diperoleh hasil penilaian sebesar 84,68% sehingga memiliki kriteria sangat tertarik. Keefektifan multimedia ditunjukkan dengan nilai rata-rata melalui uji coba pre-test mahasiswa sebesar 56,5 dan setelah mendapatkan perlakuan, nilai rata-rata melalui uji coba post-test meningkat menjadi sebesar 70,7 sehingga mengalami peningkatan sebesar 13,16. Adapun hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 6,448 > ttabel sebesar 2,042, maka Ho ditolak sehingga terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan. Saran untuk penelitian ini yaitu pengajar dapat mengembangkan penggunaan multimedia interaktif ini dengan mengubah isi media seperti video untuk pembelajaran selanjutnya sesuai perkembangan teknologi sepeda motor matik yang terbaru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, pulley based CVT’s, Matik, R&D
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 May 2018 17:19
Last Modified: 09 May 2018 17:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30974

Actions (login required)

View Item View Item