MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN POTENSI DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG


Desy Rachmawati , 7101413412 (2017) MINAT MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DITINJAU DARI LATAR BELAKANG SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN POTENSI DIRI PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI SE-KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413412.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (700kB) | Preview

Abstract

Data yang ada menunjukkan bahwa jumlah rata-rata lulusan siswa SMK Negeri di Kota Semarang yang melanjutkan studi ke perguruan tinggi sebanyak 16,5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa minat siswa lulusan SMK Negeri di Kota Semarang belum mencukupi Standar Pelayanan Minimal (SPM) SMK yaitu 20% dari lulusan SMK melanjutkan studi ke perguruan tinggi yang terakreditasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh sosial ekonomi orang tua dan potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa Kelas XI SMK Negeri se-Kota Semarang baik secara simultan maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Negeri se-Kota Semarang yang berjumlah 5.067 siswa. Jumlah sampel sebanyak 100 siswa yang diambil menggunakan rumus Slovin. Pembagian sampel menggunakan teknik proportional cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh sosial ekonomi orang tua dan potensi diri secara simultan terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi ditunjukkan dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan Adjusted R Square sebesar 0,407 (40,7%). Sedangkan secara parsial sosial ekonomi orang tua berpengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,025 < 0,05 dan r-square sebesar 0,226 (22,6%). Potensi diri berpengaruh dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan r-square sebesar 0,509 (50,9%) terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa terdapat pengaruh sosial ekonomi orang tua dan potensi diri terhadap minat melanjutkan studi ke perguruan tinggi pada siswa kelas XI SMK Negeri Se-Kota Semarang baik secara simultan maupun parsial. Saran yang diberikan dalam penelitian ini adalah diperlukan peran dari pihak sekolah seperti guru mata pelajaran dan guru BK untuk memberikan bimbingan dan arahan secara intens pada siswa dalam proses belajar mengajar dan bimbingan minat dan karir agar minat siswa semakin berkembang dan konsisten. The existing data shows that the average number of the graduates of SMK Negeri in Semarang City who continued their study to universities was as many as 16.5%. It shows that the graduates' interest in continuing study to universities has not achieved the Minimum Service Standards (SPM) of SMK which states that among 20% of SMK graduates should continue their study to accredited universities. By this finding, this study was aimed at knowing the influence of the socio-economic background of parents and students' self-potential towards the interest of continuing study to universities in the Eleventh graders of SMK Negeri in Semarang City either simultaneously or partially. The population in this study were the Eleventh graders of SMK Negeri in Semarang City, namely 5,067 students. They were sampled into 100 students by using Slovin formulae. Moreover, the sample was divided through proportional cluster sampling, while their data were collected by using questionnaire and documentation. Further, the collected data were analyzed by using descriptive analysis and multiple regression analysis. The results showed that there was a simultaneous influence of parents' socio-economic background and self-potential towards the interest in continuing study to universities showed by the significance value of 0.000 < 0.05 and Adjusted R Square of 0.407 (40.7%). Partially, the influence of parents' socioeconomic background contributed to the significance value of 0.025< 0.05 and r square as many as 0.226 (22.6%), self-potential influenced the significance value of 0.000 < 0.05 and r square of 0.509 (50.9%) towards the interest in continuing study to universities. Based on the findings, it can be concluded that there is the influence of parents' socio-economic background and self-potential towards the interest of continuing study to universities in the Eleventh graders of SMK Negeri in Semarang City both simultaneously and partially. Therefore, the researcher suggests that schools' personnel, including subject teachers, and Guidance and Counseling (BK) teachers should give guidance and advice intensely to students in both learning process and in the process of interest and career guidance so that students' interest will develop and stay consistent.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Melanjutkan Studi, Sosial Ekonomi, Potensi Diri Study Continuation, Socio-economic, Self-potential
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 09 May 2018 13:21
Last Modified: 09 May 2018 13:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30969

Actions (login required)

View Item View Item