PERBANDINGAN KINERJA MESIN DATSUN 120 Y DENGAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DAN TRANSISTOR CONTROL IGNITION


Diana Amir , 5202412067 (2017) PERBANDINGAN KINERJA MESIN DATSUN 120 Y DENGAN SISTEM PENGAPIAN KONVENSIONAL DAN TRANSISTOR CONTROL IGNITION. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412067.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (372kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini ada dua yaitu: 1) membuktikan adanya perbedaan daya mesin antara sistem pengapian standar dengan sistem pengapian Transistor Control Ignition, 2) membuktikan adanya perbedaan torsi mesin antara sistem pengapian standar dengan sistem pengapian Transistor Control Ignition terhadap kinerja mesin kendaraan Datsun 120Y. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Pengambilan data dengan metode continous meansurement. Data hasil penelitian akan didiskripsikan dengan cara menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa bermaksud membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum atau generalisasi. Setelah itu data hasil penelitian di cari rata-rata dan selanjutnya dibandingkan. Tampilan yang digunakan untuk menggambarkan keadaan dari hasil penelitian akan dirangkum dalam bentuk tabel. Kemudian dibuat dalam bentuk grafik untuk pembahasan lebih lanjut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Daya mesin Datsun 120Y dengan sistem pengapian konvensional lebih besar dibandingkan sistem pengapian transistor control ignition dengan penurunan sebesar 1,5kW atau 5,12 , dikarenakan generator pembangkit pulsa yang digunakan tidak sesuai. Hal tersebut yang menyebabkan arus yang mengalir ke kumparan primer kecil, sehingga daya yang dihasilkan menurun. Torsi mesin Datsun 120Y juga lebih besar dibandingkan dengan sistem pengapian transistor control ignition, dengan penurunan sebesar 4,1Nm atau 4,31 sejalan dengan daya mesin yang menurun, Sehingga dapat disimpulkan bahwa sistem pengapian konvensional lebih baik dibandingan sistem pengapian transistor control ignition.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengapian, Konvensional, Transistor Control Ignition, Daya, Torsi.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 May 2018 17:31
Last Modified: 08 May 2018 17:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30963

Actions (login required)

View Item View Item