PENGARUH PEMAJUAN WAKTU PENGAPIAN DAN PENINGKATAN RASIO KOMPRESI TERHADAP DAYA DAN TORSI SEPEDA MOTOR SUPRA FIT DENGAN BAHAN BAKAR LPG


Mahfudz Anwar , 5202412064 (2017) PENGARUH PEMAJUAN WAKTU PENGAPIAN DAN PENINGKATAN RASIO KOMPRESI TERHADAP DAYA DAN TORSI SEPEDA MOTOR SUPRA FIT DENGAN BAHAN BAKAR LPG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412064.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (427kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan daya dan torsi sepeda motor Supra Fit berbahan bakar LPG antara waktu pengapian standar dengan waktu pengapian yang dimajukan, antara rasio kompresi standar dengan rasio kompresi yang ditingkatkan, serta antara kondisi standar dengan kondisi waktu pengapian yang dimajukan dan rasio kompresi yang ditingkatkan. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yaitu dengan menguji daya dan torsi sepeda motor berbahan bakar LPG pada dynotester. Adapun analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis data statistik deskriptif, yaitu dengan cara mendeskripsikan atau menggambarkan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya tanpa membuat kesimpulan yang berlaku untuk umum. Waktu pengapian standar dalam penelitian ini adalah 15° sebelum TMA, sedangkan waktu pengapian yang dimajukan adalah 18° dan 21° sebelum TMA. Rasio kompresi standar dalam penelitian adalah 8,8 : 1, sedangkan rasio kompresi yang ditingkatkan meliputi rasio kompresi 9,3 : 1 dan 9,8 : 1. Kondisi standar merupakan kondisi pada kendaraan dengan waktu pengapian dan rasio kompresi standar. Sedangkan untuk kondisi rasio kompresi yang ditingkatkan dan waktu pengapian yang dimajukan meliputi, rasio kompresi 9,3 : 1 dengan waktu pengapian 18° dan 21° sebelum TMA, dan rasio kompresi 9,8 : 1 dengan waktu pengapian 18° dan 21° sebelum TMA. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan daya dan torsi ketika waktu pengapian standar dimajukan menjadi 18° dan 21° sebelum TMA, dan ketika rasio kompresi standar ditingkatkan menjadi 9,3 : 1 dan 9,8 : 1. Daya dan torsi juga mengalami peningkatan ketika rasio kompresi 9,3 : 1 dengan waktu pengapian 18° dan 21° sebelum TMA dibandingkan dengan kondisi standar, namun mengalami penurunan ketika rasio kompresi 9,8 : 1 dengan waktu pengapian 18° dan 21° sebelum TMA dibandingakan dengan kondisi standar. Saran dari penelitian ini adalah penggunaan bahan bakar LPG pada sepeda motor hendaknya dengan mamajukan waktu pengapian atau meningkatkan rasio kompresi, seperti dengan meemajukan waktu pengapian menjadi 21° sebelum TMA dengan kompresi standar, atau dengan meningkatkan rasio kompresi menjadi 9,3 : 1 dengan waktu pengapian standar, karena pada kondisi tersebut menghasilkan daya dan torsi terbaik. Selain itu, bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat menguji emisi gas buang dan konsumsi bahan bakar kendaraan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: waktu pengapian, rasio kompresi, daya dan torsi, dan LPG.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 May 2018 17:27
Last Modified: 08 May 2018 17:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30962

Actions (login required)

View Item View Item