PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH INLET PORT PADA CYLINDER HEAD TERHADAP PERFORMA YAMAHA JUPITER Z
Nurul Syahbani , 5202412045 (2017) PENGARUH PERLAKUAN PORTING AND POLISH INLET PORT PADA CYLINDER HEAD TERHADAP PERFORMA YAMAHA JUPITER Z. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (996kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perlakuan porting and polish pada inlet port terhadap performa mesin yakni, meliputi; engine air flow, torsi dan daya yang dihasilkan oleh ketiga variasi perlakuan pada inlet port di kepala silinder yaitu kepala silinder dengan inlet standart dengan ukuran inlet port 18,05-21,35 mm, kepala silinder perlakuan porting 1 dengan diameter inlet port 18,25-21,66 mm, dan kepala silinder perlakuan porting 2 dengan ukuran diameter inlet port 19,22 mm - 23,80 mm. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen, yang dilakaukan pada sepeda motor Yamaha Jupiter z. Data hasil penelitian dianalisa dengan mengamati secara langsung hasil eksperimen kemudian menyimpulkan dan menentukan hasil penelitian yang telah dilakukan dalam bentuk tabel dan grafik. Pada penelitian ini alat uji yang digunakan Flowbench untuk mengetahui engine air flow yang dihasilkan, dan alat uji yang digunakan untuk pengujian torsi dan daya adalah dynamometer. Hasil penelitian yang didapat menunjukan adanya perbedaan performa yang dihasilkan yakni engine air flow, torsi dan daya pada ketiga variasi inlet port. Pada pengujian engine air flow kepala silinder standar menghasilkan 33 Cfm, dan kepala silinder porting 1 menghasilkan 33,4 Cfm, sedangkan kepala silinder porting 2 menghasilkan engine air flow sebesar 33,2 Cfm. Hasil pengujian torsi dan daya tertinggi dihasilkan oleh kepala silinder porting 1 dengan torsi dan daya maksimum sebesar 9,68 Nm pada putaran 3500 rpm dan daya maksimum sebesar 7 hp pada putaran 7500 rpm, sedangkan Kedua variasi lainnya memiliki keunggulan masing- masing pada torsi dan daya yaitu kepala silinder standar memiliki keunggulan pada torsi maksimum dengan hasil sebesar 9 Nm pada putaran 3500 rpm hasil tersebut lebih tinggi dengan torsi maksimum yang dihasilkan oleh kepala silinder porting 2 yakni 8,6 Nm pada putaran yang sama. Hal tersebut berbeda dengam daya yang dihasilkan kepala silinder porting 2 menghasilkan daya maksimum sebesar 6,6 hp pada putaran 7500 rpm, sedangkan kepala silinder standar menghasilkan daya maksimum sebesar 5,83 hp pada putaran 6500 rpm hasil tersebut lebih rendah dibandingkan dengan kedua variasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan perlakuan porting and polish inlet port pada kepala silinder mengakibatkan nilai engine air flow meningkat sehingga dapat mempengaruhi performa mesin namun perlakuan porting and polish dengan perubahan inlet port yang terlalu besar tidak mengakibatkan meningkatnya engine air flow dan torsi mesin
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | porting and polish, inlet port, engine air flow, torsi, daya |
Subjects: | L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 07 May 2018 18:05 |
Last Modified: | 07 May 2018 18:05 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30955 |
Actions (login required)
View Item |