METODE PEMBELAJARAN VOKAL DI SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL


Helarius Daru Indrajaya , 2501413105 (2017) METODE PEMBELAJARAN VOKAL DI SMK NEGERI 2 KASIHAN BANTUL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413105.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (499kB) | Preview

Abstract

Proses pembelajaran yang baik adalah menggunakan metode pembelajaran yang baik pula. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai pengukur sejauh mana keberhasilan seorang pengajar dalam mengajarkan suatu hal. Metode yang digunakan dalam pembelajaran vokal di SMKN 2 Kasihan Bantul selama ini menghasilkan lulusan-lulusan yang mampu bermain musik dengan baik, karena di lembaga inilah awal dari pendidikan musik secara formal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran vokal di SMK Negeri 2 Kasihan Bantul, khususnya di kelas X. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Lokasi penelitian dilakukan di SMK Negeri 2 Kasihan. Adapun sasaran penelitian pada metode pembelajaran vokal di kelas X. Teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data. Teknik analisis data menggunakan analisis data model interaktif. Hasil dari penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran vokal dapat dilihat proses pembelajaran. Pada tahap perencanaan guru mengembangkan silabus, menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan menyiapkan penilaian dengan baik. Pada tahap pelaksanaan guru sudah menerapkan metodemetode pembelajaran praktik vokal diantaranya metode ceramah, metode demonstrasi, metode imitasi dan metode penugasan dalam tiap kegiatan pembelajaran. Pada tahap evaluasi, guru sudah melaksanakan kegiatan seperti membuat rangkuman. Namun, guru tidak melaksanakan penilaian karena penilaian dilaksanakan secara bertahap. Saran untuk penelitian ini adalah (1) sebaiknya guru mencantumkan target nilai dalam RPP agar pembelajaran dapat berjalan sesuai dengan rencana yang dibuat dalam RPP sehingga apa yang dilaksanakan dalan kelas sesuai dengan RPP yang disusun, (2) guru sebaiknya terus mengembangkan materi-materi yang akan diajarkan kepada siswa, agar sesuai dengan kurikulum sekolah menegah kejuruan musik, (3) tahap evaluasi dapat dipertahankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Metode, Pembelajaran, Vokal
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 07 May 2018 14:11
Last Modified: 07 May 2018 14:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30951

Actions (login required)

View Item View Item