KOREOGRAFI TARI TRAYUTAMA KARYA IMAN RINI WIJAYATI DI SMA NEGERI 1 TAYU KABUPATEN PATI


Ido Rima Nova , 2501413083 (2017) KOREOGRAFI TARI TRAYUTAMA KARYA IMAN RINI WIJAYATI DI SMA NEGERI 1 TAYU KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413083.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (531kB) | Preview

Abstract

Koreografi tari Trayutama dapat dilihat dari bentuk dan proses koreografi yaitu eksplorasi, improvisasi, dan komposisi sehingga menjadi sebuah tarian khas. Tari Trayutama mempunyai nilai keindahan yang dapat dilihat melalui bentuk tari yang berupa elemen pokok dan elemen pendukung koreografi Masalah yang dikaji yaitu bagaimana koreografi tari Trayutama dengan kajian koreografi dengan kajian pokok sebagai berikut: (1) Bagaimana bentuk koreografi tari Trayutama di SMA Negeri 1 Tayu, (2) Bagaimana proses koreografi tari Trayutama di SMA Negeri 1 Tayu, (3) Bagaimana nilai keindahan tari Trayutama di SMA Negeri 1 Tayu. Tujuan melakukan penelitian untuk mengetahui koreografi tari Trayutama dan nilai keindahan bentuk tari Trayutama. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif yang menghasilkan data deskriptif dengan pendekatan estetis koreografis, emik dan etik. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teori Adshead yang membagi proses analisis ke dalam empat tahap yaitu mengenali dan mendeskripsikan komponen pertunjukan, memahami komponen antar pertunjukan, menginterpretasi, dan melakukan evaluasi. Teknik keabsahan data menggunakan teknik Triangulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa koreografi tari Trayutama dibagi menjadi 2 tahap yaitu bentuk koreografi tari Trayutama dan proses koreografi tari Trayutama. Bentuk koreografi tari Trayutama di SMA Negeri 1 Tayu Kabupaten Pati terdiri dari gerak, tema, iringan, tata rias, tata busana, tata teknik pentas, properti dan penonton. Proses koreografi tari Trayutama melalui penemuan ide berasal dari penggambaran siswa dalam menerima ilmu di Sekolah dari proses eksplorasi menggunakan rangsang kinetetis ari frasa gerak tradisi Surakarta dikreasikan dengan gerak perangan, improvisasi gerak mencoba-coba dari gerak tradisi Surakarta, dan komposisi sebagai proses akhir pembentukan dengan cara penyeleksian gerak. Nilai keindahan dapat dilihat dari bentuk koreografi yang terdiri dari iringan, tata rias, tata busana, tata teknik pentas, properti, penonton, dan proses koreografi yang terdiri dari eksplorasi, improvisasi, dan komposisi. Saran untuk koreografer tari Trayutama. Proses penciptaan tari Trayutama terdiri dari eksplorasi, improvisasi dan komposisi. Peneliti menyarankan agar koreografer lebih memperbanyak langkah untuk menemukan ide agar kreativitas dalam menyusun gerak tari Trayutama lebih bervariatif. Nilai keindahan bentuk tari Trayutama bercerita tentang perjuangan menggunakan gerak prajurit, lebih baik iringan yang digunakan lebih dikreasikan agar kesan keindahan gerak dan iringan terlihat rampak, dan tegas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Koreografi, Nilai Keindahan, Tari Trayutama
Subjects: L Education > Special Education > Art education
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 07 May 2018 14:01
Last Modified: 07 May 2018 14:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30950

Actions (login required)

View Item View Item