PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DIFERENSIAL DENGAN JOBSHEET BERBASIS MAJALAH PADA MATA KULIAH CHASIS DAN PEMINDAH DAYA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Choirul Widya Prasetyo , 5202412029 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA DIFERENSIAL DENGAN JOBSHEET BERBASIS MAJALAH PADA MATA KULIAH CHASIS DAN PEMINDAH DAYA PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kelayakan dan keefektifan dari multimedia pembelajaran diferensial dengan jobsheet berbasis majalah yang dikembangakan pada mata kuliah Chasis dan pemindah daya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahap. Metode yang digunakan yaitu TrueExperimenal Design dengan uji Pre Test-Post Test Control Grub Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang angkatan 2014 tahun ajaran 2016/2017. Validator ahli dalam penelitian ini adalah validator ahli media dan ahli materi untuk multimedia dan jobsheet berbasis majalah. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada dua yaitu instrumen tes dan instrumen kuesioner (angket). Hasil validasi ahli media untuk multimedia diferensial Multimedia diferensial memperoleh persentase kelayakan 90% untuk ahli media dan 94% untuk ahli materi, sedangkan jobsheet memperoleh 93% untuk ahli media dan 95% untuk ahli materi keduanya dalam ketegori “sangat layak”. Multimedia pembelajaran diferensial dengan jobsheet berbasis majalah dinyatakan layak digunakan dalam pembelajaran. Keefektifan multimedia dapat dilihat dari peningkatan hasil posttest kelas kontrol dan posttest kelas eksperimen yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil perhitungan uji t, ttabel pada dk= 58 dan α= 5% memperoleh hasil perhitungan uji-t dengan hasil thitung =6,21 dan ttabel 2,00 (thitung > ttabel) yang berarti bahwa pembelajaran menggunakan multimedia yang dikembangkan mengalami peningkatan signifikan. Peningkatan menggunakan analisis uji gain ternormalisasi diperoleh rata-rata gain sebesar 0,49 dengan kategori sedang.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia diferensial, ADDIE, layak, efektif
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 May 2018 12:09
Last Modified: 03 May 2018 12:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30947

Actions (login required)

View Item View Item