PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL PIANIKA DI SMP NEGERI 36 SEMARANG


Yuniar Eka Damayanti , 2501413095 (2017) PENGARUH KEMAMPUAN MEMBACA NOTASI TERHADAP HASIL BELAJAR EKSTRAKURIKULER ANSAMBEL PIANIKA DI SMP NEGERI 36 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413095.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (392kB) | Preview

Abstract

Ansambel pianika merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang paling populer di SMP Negeri 36 Semarang. Seringkali kita menjumpai sekolah yang dalam kegiatan upacara benderanya selalu diiringi dengan tim paduan suara namun berbeda dengan sekolah ini. SMP Negeri 36 Semarang mempercayakan kepada tim ekstrakurikuler ansambel pianika untuk mengiringi jalannya upacara tersebut. Selain itu, ekstrakurikuler ansambel pianika juga eksis mengisi acara-acara yang diadakan oleh sekolah seperti acara HUT sekolah, dan perpisahan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis korelasi, pengaruh serta kontribusi kemampuan membaca notasi terhadap hasil belajar ekstrakurikuler ansambel pianika di SMP Negeri 36 Semarang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan desain kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah penilaian unjuk kerja. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi, uji regresi, dan uji kontribusi (determinasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca notasi berpengaruh terhadap hasil belajar ekstrakurikuler ansambel pianika siswa SMP Negeri 36 Semarang. Kontribusi pengaruh variabel kemampuan membaca notasi terhadap hasil belajar ekstrakurikuler ansambel pianika adalah sebesar 73,6% sehingga berpengaruh signifikan, sedangkan 26,4 % dipengaruhi oleh faktor lain. Saran yang dapat penulis berikan dalam penelitian ini untuk SMP Negeri 36 Semarang adalah metode yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran ekstrakurikuler ansambel pianika untuk lebih baik lagi. Saran untuk guru agar lebih intens lagi dalam membimbing dan mendampingi siswa pada saat latihan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: kemampuan membaca, notasi musik, hasil belajar, ekstrakurikuler, ansambel
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 May 2018 11:57
Last Modified: 03 May 2018 11:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30945

Actions (login required)

View Item View Item