PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR (PPAU)


Muhammad Irfan Aminudin , 5202412024 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA DIKLAT PENGGUNAAN DAN PEMELIHARAAN ALAT UKUR (PPAU). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (694kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujan untuk (1) membuat multimedia Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur sebagai bahan belajar peserta didik dan (2) membuktikan adanya peningkatan proses hasil belajar Penggunaan dan Pemeliharaan Alat Ukur dangan menggunakan multimedia Pembelajaran. Penelitian ini dikategorikan dalam penelitian pengembangan dengan model R&D yang terdiri 10 langkah yang kemudian disederhanakan menjadi 8 langkah. Desain uji coba penelitian ini menggunakan one group pre test-post test. Produk pengembangan media pembelajaran interaktif memerlukan validasi dalam rangka evaluasi formatif. Validasi tersebut diperoleh dari para subjek yang terdiri dari ahli materi, ahli media, dan pemakain produk yaitu siswa kelas X Teknik Kendaraan Ringan SMK Islam Al-Hikmah Mayong Jepara dengan subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 34 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu kuesioner (angket) dan instrumen tes. Berdasarkan data hasil penelitian dari validasi ahli materi diperoleh ratarata persentase hasil penilaian sebesar 88,3% dengan kriteria “sangat layak” dan rata-rata presentase hasil uji ahli media adalah 84,37% dengan kriteria “sangat layak”. Hasil uji ketertarikan siswa menunjukkan bahwa multimedia yang telah dikembangkan memenuhi kriteria “sangat tertarik” dengan persentase sebesar 81,76%. Keefektifan multimedia ditunjukkan dengan nilai hasil belajar siswa sebelum menggunakan multimedia (pre test) dengan rata-rata nilai 62,7 dan setelah diberikan multimedia pembelajaran (post tes) rata-rata nilai hasilnya adalah 80,5. Berdasarkan uji t-berpasangan dapat ditarik hasil dari ݐ௛௜௧௨௡௚ = 13,80 dan ݐ௧௔௕௘௟ = 2,037 maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan karena nilai ݐ௛௜௧௨௡௚ > ݐ௧௔௕௘௟. Hasil nilai uji gain menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar dalam kategori sedang yaitu sebesar 0.50, salah satu faktor yang menyebabkan adalah karena terdapat siswa yang belum memiliki perangkat komputer untuk bahan belajar mandiri Saran untuk penelitian ini yaitu pengajar dapat mengembangkan multimedia interaktif ini dengan mengubah isi media seperti video, gambar dan animasi syarat dapat menguasai aplikasi software microsoft powerpoint atau software adobe flash player untuk pembelajaran selanjutnya sesuai perkembangan pembelajaran teknologi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia interaktif, alat ukur, hasil belajar
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 May 2018 11:43
Last Modified: 03 May 2018 11:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30939

Actions (login required)

View Item View Item