ESTETIKA BENTUK PERTUNJUKAN TARI LENGGANG PARI DI SANGGAR SENI PERWITASARI KELURAHAN KEMANDUNGAN KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL


Devvi Lutfiana , 2501413072 (2017) ESTETIKA BENTUK PERTUNJUKAN TARI LENGGANG PARI DI SANGGAR SENI PERWITASARI KELURAHAN KEMANDUNGAN KECAMATAN TEGAL BARAT KOTA TEGAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413072.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (618kB) | Preview

Abstract

Tari Lenggang Pari merupakan komposisi tari berpasangan putra dan putri. Tari Lenggang Pari menggambarkan aktifitas bercocok tanam. Tari Lenggang Pari ditarikan oleh penari putra dan putri sebagai wujud dari lambang kesuburan yang berkaitan erat dengan kemakmuran masyarakat. Estetika bentuk pertunjukan tari Lenggang Pari dapat dilihat dari pola pertunjukan dan elemen pertunjukan tari Lenggang Pari. Masalah yang dikaji adalah bentuk tari Lenggang Pari dan nilai keindahan bentuk tari Lenggang Pari di Sanggar Seni Perwitasari Kelurahan Kemandungan Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan bentuk dan nilai keindahan tari Lenggang Pari yang dapat dilihat melalui pola pertunjukan dan elemen pertunjukan tari Lenggang Pari. Manfaat penelitian dari penelitian ini yaitu untuk menambah wawasan serta memberikan motivasi, mengenal, mempelajari, dan melestarikan kesenian daerah Kota Tegal yaitu tari Lenggang Pari. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif, pendekatan estetis koreografis dan pendekatan emik & etik. Lokasi penelitian terletak di Kelurahan Kemandungan Kecamatan Tegal Barat Kota Tegal tepatnya di Sanggar Seni Perwitasari. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan analisa tari menurut konsep Janet Adshead. Teknik pemeriksaan keabsahan data dilakukan dengan meliputi uji kredibilitas dan dilakukan dengan triangulasi diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan cara dan berbagai waktu. Berdasarkan hasil analisis data, hasil temuan dari pertunjukan tari Lenggang Pari menunjukan bahwa estetika bentuk pertunjukan tari Lenggang Pari dapat dilihat dari pola pertunjukan dan elemen pertunjukan tari Lenggang Pari. Bentuk pertunjukan tari Lenggang Pari nampak pada pola pertunjukannya yang terdiri dari bagian awal, bagian inti, dan bagian akhir. Serta, elemen pertunjukan yang mendukung pertunjukan tari Lenggang Pari yang terdiri dari tema, alur cerita/alur dramatik, gerak, penari, pola lantai, ekspresi wajah/polatan, tata rias, tata busana, iringan/musik, setting panggung, properti dan pencahayaan. Tari Lenggang Pari sebagai salah satu bentuk tari kerakyatan dari Kota Tegal. Walaupun merupakan tarian kreasi baru diharapkan mampu menggugah semangat generasi muda untuk mempelajari, mencintai, melestarikan serta mengenalkan salah satu bentuk kebudayaan daerah Kota Tegal.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Estetika, Bentuk Pertunjukan, Tari Lenggang Pari
Subjects: L Education > Special Education > Art education
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 03 May 2018 11:41
Last Modified: 03 May 2018 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30936

Actions (login required)

View Item View Item