PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS


Reza Kurniawan , 2501413061 (2017) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER MARCHING BAND DI SMA NU AL MA’RUF KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413061.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (411kB) | Preview

Abstract

Marching band adalah salah satu cabang ekstrakurikuler yang diselenggarakan oleh SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Ekstrakurikuler marching band di SMA NU Al Ma’ruf bertujuan untuk mengembangkan bakat dan keterampilan siswa, khususnya di bidang seni musik. Marching band Al Ma’ruf merupakan salah satu kelompok marching band yang masih eksis sampai dengan saat ini. Dalam menyelanggarakan ekstrakurikuler, marching band SMA NU Al Ma’ruf menggunakan beberapa metode dan strategi pada proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler marching band SMA NU Al Ma’ruf Kudus. Penelitian ini bersifat kualitatif. Prosedur yang digunakan dalam memecahkan masalah tersebut adalah dengan cara menganalisa, mendeskripsikan, dan menggambarkan keadaan objek secara apa adanya. Teknik pengambilan data dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran ekstrakurikuler marching band dilaksanakan dengan tiga tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan yang dilakukan oleh pelatih yaitu menentukan jadwal, tempat, mempersiapkan materi, metode, strategi, dan media pembelajaran. Pada tahap pelaksanaan pelatih menyampaikan materi dengan menggunakan strategi pembelajaran ekspositori, yaitu strategi pembelajaran yang menekankan pada penyampaian materi secara verbal. Metode yang digunakan oleh pelatih dalam menyampaikan materi adalah metode ceramah plus, demonstrasi dan latihan. Alasan pelatih penggunaan metode tersebut adalah untuk membuat siswa senang, nyaman, dan cepat bisa. Tahap selanjutnya adalah evaluasi. Pada tahap ini pelatih melaksanakan evaluasi secara formatif, yaitu dengan menilai siswa melalui pengamatan proses belajar siswa. Kegiatan evaluasi tersebut termasuk dalam evaluasi unjuk kerja, yaitu siswa dinilai berdasarkan penampilan siswa selama pembelajaran berlangsung. Saran dari penelitian ini yaitu untuk pembelajaran selanjutnya pelatih diharapkan dapat memunculkan ide-ide baru sehingga tercipta suasana yang lebih menyenangkan dan lebih efektif. Pelatih juga diharapkan dapat menggunakan media-media lain yang dapat bermanfaat bagi perkembangan belajar siswa. Kepada siswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dengan lebih bersemangat lagi sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan efektif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pembelajaran, Ekstrakurikuler, Marching Band
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 May 2018 13:13
Last Modified: 02 May 2018 13:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30933

Actions (login required)

View Item View Item