PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK DANGDUT TERHADAP SEMANGAT KERJA PARA PEKERJA BANGUNAN DRAINASE DI DESA MARGOREJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI


Benny Arya Ferdiyanto , 2501413054 (2017) PENGARUH PENGGUNAAN MUSIK DANGDUT TERHADAP SEMANGAT KERJA PARA PEKERJA BANGUNAN DRAINASE DI DESA MARGOREJO KECAMATAN MARGOREJO KABUPATEN PATI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501413045.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (505kB) | Preview

Abstract

Margorejo merupakan salah satu desa di Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati Provinsi Jawa Tengah. Sejak tanggal 22 Mei 2017 di Desa Margorejo menerima bantuan dana dari pemerintah pusat untuk pembangunan proyek drainase. Proyek pembangunan drainase dikerjakan oleh masyarakat desa setempat. Berdasarkan pengamatan peneliti hampir 60% persen penduduk Desa Margorejo Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati berprofesi sebagai pekerja bangunan. Para pekerja bangunan di Desa Margorejo dalam menyelesaikan setiap proyek-proyek pembangunan yang diterimanya hampir selalu mendengarkan musik dangdut sebagai media untuk memicu semangat kerja hal ini sesuai dengan kesenangan para pekerja bangunan secara umum terhadap musik dangdut. Para pekerja bangunan terlihat semangat dalam bekerja saat musik dangdut mengiringi aktivitas kerjanya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian yang menjadi sumber data yaitu para pekerja pembangunan drainase dan objek dari penelitian ini adalah pengaruh musik dangdut terhadap semangat kerja. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni: triangulasi data yaitu : reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan/ verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, aspek - aspek musikal musik dangdut yang dapat mempengaruhi semangat kerja antara lain tempo, dinamika dan teks lagu. Tempo yang dihasilkan dari musik dangdut berpengaruh terhadap semangat kerja, dengan ditunjukannya percepatan hasil pembangunan karena tempo kerja para pekerja selaras dengan tempo lagu dangdut yang diputar. Dinamika lagu seperti keras atau lirihnya suara yang dihasilkan oleh pengeras suara ketika lagu pengiring kerja diputar, jenis musik dangdut yang diputar, suara alat musik pada lagu yang diputar akan mempengaruhi semangat kerja, menciptakan suasana yang efektif didalam bekerja. Tema dari teks lagu yang diputar juga akan mempengaruhi semangat kerja, tema seperti percintaan, atau tema yang mengarah ke hal-hal yang seronok akan dapat memicu semangat pekerja. Semangat kerja yang meningkat menimbulkan gerak tubuh yang cepat sehingga akan berpengaruh pada penyelesaian target pekerjaan. Saran yang ingin penulis ajukan adalah untuk para pekerja agar sebaiknya terbiasa untuk mendengarkan musik selama bekerja, karena dengan mendengarkan musik dapat meningkatkan semangat, dan mau untuk mengusulkan musik apa yang ingin didengarkan selama bekerja.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Pengaruh, Musik, Dangdut, Semangat Kerja
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 02 May 2018 13:09
Last Modified: 02 May 2018 13:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30932

Actions (login required)

View Item View Item