PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM POWER WINDOW BERBASIS LIGHT EMITTING DIODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM POWER WINDOW


Nanang Roby Sulistiyo , 5202411010 (2016) PENERAPAN ALAT PERAGA SISTEM POWER WINDOW BERBASIS LIGHT EMITTING DIODE UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN PADA KOMPETENSI MEMAHAMI SISTEM POWER WINDOW. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202411010.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (643kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan alat peraga sistem power window berbasis LED sebagai media pembelajaran, mengetahui peningkatan pemahaman peserta didik pada kompetensi dasar memahami sistem power window yang menggunakan dan tanpa menggunakan alat peraga sistem power window berbasis LED pada pembelajaran, serta mengetahui pengaruh penerapan alat peraga terhadap pemahaman peserta didik. Metode penelitian ini menggunakan Metode Eksperimen. Desain penelitian yaitu True Experimental Design dengan bentuk desain Pretest Posttest Control Group Design. Analisis data hasil belajar dilakukan dengan cara membandingkan peningkatan pemahaman peserta didik sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan alat peraga sistem power window berbasis LED dan yang tidak menggunakan alat peraga tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat peraga sistem power window berbasis LED sangat valid dengan hasil analisis data penilaian dari validator ahli media berskor total 266. Alat peraga sistem power window berbasis LED juga efektif untuk diterapkan sebagai media pembelajaran dengan rata – rata peningkatan hasil belajar peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Peningkatan rata – rata kelas eksperimen sebesar 44,69 % dan kelas kontrol sebesar 29,93 %. Hal ini membuktikan kebenaran hipotesis bahwa pemahaman peserta didik pada kompetensi dasar memahami sistem power window yang menggunakan alat peraga sistem power window berbasis LED meningkat lebih tinggi daripada peserta didik yang tidak menggunakan alat peraga tersebut. Kemudian hasil analisis regresi didapatkan persamaan regresi Y = 18,26 + 1,03X dan Freg = 56,32 > Ftabel = 4,21. Ini menunjukkan bahwa ada pengaruh yang posistif antara penerapan alat peraga sistem power window berbasis LED terhadap pemahaman kompetensi peserta didik. Dan koefisien determinasi menunjukkan angka 0,676 sehingga dapat dikatakan alat peraga memberikan peran pengaruh rata – rata hasil belajar peserta didik sebesar 67,6 %. Saran untuk peneliti lain yaitu alat peraga sistem power window berbasis LED perlu dikembangkan lagi, karena alat peraga yang diproduksi hanya menerapkan sistem dua pintu pada bagian depan dan visualisasi aliran listrik melalui LED hanya satu pintu pada pengemudi sehingga perlu penambahan dua sistem bagian belakang dan tiga sistem visualisasi aliran listrik pada pintu penumpang. Dan untuk pendidik disarankan mengadopsi, memproduksi, dan menerapkan secara masal alat peraga sistem power window berbasis LED ini pada kompetensi dasar memahami sistem power window saat pembelajaran karena alat peraga ini terbukti layak dan dapat meningkatkan kompetensi peserta didik dalam memahami sistem power window.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, sistem power window berbasis LED, peningkatan pemahaman
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 27 Apr 2018 12:25
Last Modified: 27 Apr 2018 12:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30910

Actions (login required)

View Item View Item