PENGARUH VARIASI ARUS LISTRIK TERHADAP KEKUATAN IMPACT DAN STRUKTUR MIKRO PADA SAMBUNGAN PENGELASAN TIG (TUNGSTEN INERT GAS) DENGAN BAHAN TEMBAGA (Cu)


Ibnu Wafa , 5201413078 (2017) PENGARUH VARIASI ARUS LISTRIK TERHADAP KEKUATAN IMPACT DAN STRUKTUR MIKRO PADA SAMBUNGAN PENGELASAN TIG (TUNGSTEN INERT GAS) DENGAN BAHAN TEMBAGA (Cu). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (185kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh arus listrik pada pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas) dengan bahan tembaha (Cu) dengan variasi arus yang disimbolkan dengan I1= 205 Ampere, I2= 215 Ampere, dan I3= 225 Ampere terhadap kekuatan impact dan struktur mikro pada sambungan pengelasan TIG (Tungsten Inert Gas) dengan bahan tembaga (Cu) tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Data hasil penelitian disimpulkan dalam bentuk tabel yang kemudian dirubah dalam bentuk grafik. Pengujian kekuatan impact dilakukan di Lab. Pengujian Tarik Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang, sedangkan pengujian struktur mikro dilakukan di Lab. Pengujian Bahan Jurusan Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Negeri Semarang. Hasil penelitian Variasi besar arus pada pengelasan mempunyai pengaruh terhadap kekuatan impact pada sambungan las TIG dengan bahan tembaga (Cu). Dari variasi yang berbeda didapat harga K (Joule/mm2) yang tidak sarna, dari pengelasan dengan arus 205 A didapat K rata-rata = 0,82577 Joule/mm2, pengelasan dengan arus 215 A didapat IS rata-rata = 0,84421 Joule/mrn2, pengelasan dengan arus 225 A didapat K rata-rata = 0,58467 Joule/mrn2. Jadi terdapat pengaruh perbedaan penggunaan beda arus pada proses pengelasan TIG dengan bahan tembaga tersebut dan nilai IS tertinggi berada pada arus 215 ampere. Saran dalam penelitian ini sebaiknya dalam pengelasan TIG dengan bahan tembaga (Cu) praktisi menggunakan arus listrik sebesar 215 ampere karena kekuatan impact tertinggi dari variasi tersebut dihasilkan pada arus 215 ampere. Struktur Mikro dilakukan dengan pengamplasan yang baik agar menghasilkan gambar dari struktur mikro yang baik pula.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan, Tembaga, Impact, mikrostruktur
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 27 Apr 2018 12:13
Last Modified: 27 Apr 2018 12:13
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30907

Actions (login required)

View Item View Item