PEMBELAJARAN REKORDER SOPRAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS VII B SMP NEGERI 41 SEMARANG


Reyhan Malik , 2501412152 (2017) PEMBELAJARAN REKORDER SOPRAN METODE TUTOR SEBAYA DI KELAS VII B SMP NEGERI 41 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412152.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (521kB) | Preview

Abstract

Rekorder sopran adalah alat musik yang sumber bunyinya berasal dari tekanan udara dan memiliki nada yang tinggi. Permainan Rekorder sopran dapat dilakukan secara kelompok yang disebut ansambel musik sejenis dan dapat dilakukan secara individual. Pembelajaran Rekorder Sopran dapat dilakukan antara guru dengan siswa, juga dapat dilakukan antara siswa dengan siswa. Pembelajaran yang dilakukan antara siswa dengan siswa disebut pembelajaran dengan metode tutor sebaya. Pembelajaran dengan metode tutor sebaya yang diterapkan pada siswa kelas VII B dapat meningatkan komunikasi antar siswa sehingga interaksi akan menjadi lebih intens serta dapat menjadi jembatan untuk para siswa mengenal teman barunya lebih dalam. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana metode tustor sebaya diterapkan untuk pembelajaran rekorder sopran di kelas VII B SMP Negeri 41 Semarang. Jenis pendekatan dalam topik penelitian Pembelajaran Rekorder Sopran Metode Tutor Sebaya di Kelas VII B SMP Negeri 41 Semarang ini dikategorikan sebagai penelitian kualitatif. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berarti interprestasi terhadap isi dibuat dan disusun secara sistematik/menyeluruh dan sistematis Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah : Teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yakni: deskriptif kualitatif. Proses pelaksanaan pembelajaran Rekorder Sopran dengan metode tutor sebaya di kelas VII B SMP Negeri 41 Semarang memiliki tahapan-tahapan agar pelaksanaan tutor sebaya terlaksana yaitu a) Guru memilih materi; b) Guru Membagi siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen; c) Guru memberi tugas pada masing-masing kelompok untuk mempelajari satu sub materi; d) Guru memberikan siswa waktu yang cukup untuk persiapan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas; e) Pelaksanaan Evaluasi dimana setiap kelompok melalui wakilnya menyampaikan sub materi sesuai dengan tugas yang telah diberika; f) Guru memberi kesimpulan dan klarifikasi seandainya ada pemahaman siswa yang perlu diluruskan, sedangkan Faktor pendukung dan penghambat pembelajaran Rekorder Sopran menggunakan metode tutor sebaya dikelas VII B SMP Negeri 41 Semarang terbagi menjadi faktor eksternal dan faktor internal. Saran yang peneliti ingin ajukan adalah: (1) Untuk Guru, hendaknya dapat memahami karakter setiap siswa dan sebagai bahan pertimbangan dalam pembagian kelompok; (2) Untuk Sekolah, sebaiknya mengadakan penyuluhan kepada semua tenaga pengajar mengenai metode tutor sebaya dan menyarankan kepada tenaga pengajar untuk sering menerapkan metode ini dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Rekorder Sorpran, Metode Tutor Sebaya
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 27 Apr 2018 11:56
Last Modified: 27 Apr 2018 11:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30902

Actions (login required)

View Item View Item