EXTREME SPORT CENTER DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN ARSITEKTUR DEKONSTRUKSI LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN


HANAFI TRILAKSONO , 5112411020 (2017) EXTREME SPORT CENTER DI KOTA SEMARANG DENGAN PENEKANAN ARSITEKTUR DEKONSTRUKSI LANDASAN KONSEPTUAL PERENCANAAN DAN PERANCANGAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112411020.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Olahraga ekstrem merupakan olahraga yang diluar nalar dan diluar aturan seperti olahraga pada umumnya. Di Indonesia olahraga ekstrem sudah banyak digemari oleh masyarakat. Pada akhri tahun 2014 diadakan kompetisi olahraga ekstrem di Semarang dengan judul Indonesia Open eXtreme Sports Champioship (IOXC). Cabang olahraga ekstrem yang dilombakan seperti: skateboarding, BMX, dan Inlineskate. Hanya saja kompetisi ini diadakan di lapangan Simpang Lima yang tidak diperuntukan untuk arena olahraga ekstrem. Semakin tahun komunitas olahraga ekstrem semakin berkembang pesat. Wadah untuk menampung komunitas tersebut masih minim yang berakibat rusaknya fixture dan fasilitas umum. Kata Dekonstruksi mengacu pada zaman perkembangan setelah postmodern yang muncul pada tahun 1980 an. Paham dekonstruksi menurut filosofer Perancis merupakan suatu bentuk semiotika yang memandang sesuatu dengan cara yang baru dan tidak biasa. Paham dekonstruksi bagi orang awam mungkin dilihat sebagai sesuatu yang mustahil dan sulit diterima logika. Dalam arsitektur, karakteristik dekonstruksi muncul dengan adanya impresi terhadap bentuk. Ditandai dengan absennya harmoni, kontinuitas atau simetri sehingga sering juga menimbulkan bentuk yang impresif dan spektakuler. Selain fragmentasi bentuk, hal yang sering muncul pada arsitektur dekonstruksi adalah adanya clading/kulit bangunan dengan bentuk yang tidak beraturan dan kesan distorsi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Extreme Sport Center, Arsitektur Dekonstruksi, Kota Semarang
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 16:09
Last Modified: 26 Jun 2019 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30884

Actions (login required)

View Item View Item