REST AREA TOL PEJAGAN – PEMALANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU


Andi Orsi Prabana , 5112410024 (2017) REST AREA TOL PEJAGAN – PEMALANG DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR PERILAKU. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112410024.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (6MB) | Preview

Abstract

Proyek jalan tol saat ini menjadi prioritas pemerintah dalam meningkatkan perekonomian masyarakat, karena jalur transportasi memegang peranan penting dalam aspek sosial dan ekonomi melalui fungsi distribusi, salah satunya tol Pejagan – Pemalang yang merupakan bagian tol Trans jawa. Dengan semakin banyaknya prasarana transportasi berupa jalan tol, berbanding lurus dengan tingkat kecelakaan yang terjadi. Dan untuk mencegah ataupun mengurai serta dapat menghilangkan lelah dalam perjalanan maka kebijakan yg diambil adalah dengan menempatkan area transit dengan jarak yang sesuai. Rest area atau tempat istirahat adalah sebuah fasilitas transit yang lahir karena kebutuhan keamanan dan kenyamanan pengguna jalan ditengah perjalanan jauh. Pengunjung rest area diharapkan merasa aman, nyaman dan rileks saat beristirahat, maka dari itu perlu adanya fasilitas pendukung seperti, foodcourt, restoran cepat saji, parkir luas, bengkel, taman dan fasilitas pendukung lain yang dapat menghilangkan rasa lelah saat berkendara. Dalam mewujudkan fungsi, hal inilah yang mendasari konsep perencanaan dan perancangan rest area dengan pendekatan arsitektur perilaku. Diharapkan mampu memenuhi kebutuhan pengendara khususnya bisa mengurangi rasa lelah dalam perjalanan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Rest Area, Arsitektur Perilaku, Jalan Tol
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:34
Last Modified: 26 Jun 2019 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30874

Actions (login required)

View Item View Item