PENGARUH PUTARAN PADA CETAKAN PENGECORAN ALUMINIUM DENGAN METODE HORIZONTAL CENTRIFUGAL CASTING TERHADAP CACAT CORAN, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO


Hafidz Dienur Rahmawan , 5201413038 (2017) PENGARUH PUTARAN PADA CETAKAN PENGECORAN ALUMINIUM DENGAN METODE HORIZONTAL CENTRIFUGAL CASTING TERHADAP CACAT CORAN, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (457kB) | Preview

Abstract

Metode pengecoran gravitasi merupakan metode yang sering digunakan. Akan tetapi metode ini masih memiliki kekurangan pada produk coran yang dihasilkan karena banyak yang memiliki cacat yang mengakibatkan menurunnya kualitas coran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecepatan putar pada cetakan terhadap cacat hasil coran, struktur mikro dan nilai kekerasan hasil coran. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen.Variabel bebas dalam penelitian ini adalah kecepatan putar cetakan 600 rpm, 1200 rpm, dan 1800 rpm. Variabel terikatnya adalah cacat hasil coran, struktur mikro, dan nilai kekerasan. Analisis data yang digunakan menggunakan metode analisis deskriptif. Data yang diperoleh dari hasil pengujian berupa angka atau bilangan yang disajikan dalam bentuk tabel dan grafik, sedangkan data berupa gambar disajikan dalam bentuk tabel dan dideskripsikan berdasarkan hasil analisis yang dilakukan. Hasil dari penelitian ini terdapat pengaruh kecepatan putar cetakan yang berbeda terhadap kondisi cacat coran, struktur mikro dan nilai kekerasan hasil coran. Hasil dari cacat coran lebih bagus pada kecepatan putar 1200 rpm dengan cacat coran yang lebih sedikit. Kemudian, struktur mikro dan kekerasan yang dihasilkan lebih baik pada kecepatan putar 1800 rpm, karena lebih padatnya struktur yang terkandung dan nilai kekerasan yang tinggi yaitu 151,97 Kg/mm2. Maka dari itu dapat disimpulkan bahwa semakin cepat putaran, semakin baik struktur mikro dan nilai kekerasan yang dihasilkan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: horizontal centrifugal casting, perbedaan kecepatan putar pada cetakan, kekerasan hasil coran.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 25 Apr 2018 12:04
Last Modified: 25 Apr 2018 12:04
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30870

Actions (login required)

View Item View Item