PUSAT PELATIHAN DAN SIMULASI BENCANA ALAM NASIONAL DI YOGYAKARTA (DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR POST MODERN DAN PERILAKU)


Kawan Diah Arum Sari , 5112410013 (2015) PUSAT PELATIHAN DAN SIMULASI BENCANA ALAM NASIONAL DI YOGYAKARTA (DENGAN PENDEKATAN DESAIN ARSITEKTUR POST MODERN DAN PERILAKU). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112410013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (4MB) | Preview

Abstract

Menurut Undang-undang Nomor 24 Tahun 2011, Bencana dapat didefinisikan sebagai peristiwa atau rangkaian peristiwa yang mengancam dan mengganggu kehidupan dan penghidupan masyarakat yang disebabkan, baik oleh faktor alam dan/atau faktor non alam maupun faktor manusia. Pusat Pelatihan dan Simulasi Bencana Alam Nasional, merupakan tempat yang dipergunakan untuk pusat pelatihan dan simulasi kebencanaan yang meliputi : gempa bumi, tsunami, kebakaran, gunung meletus, tanah longsor. Indonesia paling rentan terhadap bahaya bencana alam gempa bumi dan letusan gunung berapi karena letaknya yang termasuk didalam cincin api Pasifik (daerah yang sering mengalami gempa bumi dan letusan gunung berapi yang mengelilingi cekungan samudra pasifik), Kota Yogyakarta merupakan wilayah di Indonesia yang mempunyai kerentanan bencana cukup tinggi. Hal tersebut disebabkan karena kondisi alam seperti kondisi geografis, kondisi geologi dan iklim Kota Yogyakarta yang bisa menjadi ancaman bencana. Beberapa ancaman bencana tersebut antara lain adalah gempa bumi, tsunami, banjir, letusan gunung berapi, tanah longsor, angin ribut, dan kebakaran. Oleh karena itu dibutuhkan Pusat Pelatihan dan Simulasi Bencana Alam di Yogyakarta yang berfungsi sebagai wadah untuk menyampaikan informasi bencana-bencana alam dan mengajarkan pelatihan simulasi bencana di Indonesia khususnya di Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dengan batasan bencana berupa gempa bumi, gunung berapi, banjir (tsunami), dan tanah longsor. Pusat Pelatihan dan Simulasi Bencana Alam ini akan di bawah kendali BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), dan akan dibantu beberapa instansi yaitu : BASARNAS (Badan Sar Nasional), DAMKAR (Pemadam Kebakaran), PMI (Palang Merah Indonesia).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelatihan simulasi, Bencana Alam, Post Modern.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:34
Last Modified: 26 Jun 2019 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30867

Actions (login required)

View Item View Item