KESENIAN THONG-THONG LEK DI DUKUHTAWANGSARI DESA LETEH KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG ; KAJIAN BENTUK, FUNGSI DAN ENKULTURASI


Danar Dana Raditya , 2501412093 (2017) KESENIAN THONG-THONG LEK DI DUKUHTAWANGSARI DESA LETEH KECAMATAN REMBANG KABUPATEN REMBANG ; KAJIAN BENTUK, FUNGSI DAN ENKULTURASI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501412093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (458kB) | Preview

Abstract

Thong-thong Lek merupakan sebuah aktifitas yang dilakukan oleh warga kampung untuk membangunkan orang makan sahur pada malam hari di bulan suci Ramadhan, dengan cara meainkan kenthongan yang terbuat dari bambu yang di lobangi tengahnya dan meneriakan kata-kata sahur diselah-selah bunyi kenthongan yang telah dipukul. Kesenian tradisional Thong-thong Lek di Dukuh Tawangsari Kecamatan Rembang menempati urutan paling tinggi dibandingkan dengan kesenian lainya, hal ini yang menarik peneliti untuk melakukan penelitian di desa tersebut.Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana perkembangan, bentuk pertunjukan dan fungsi kesenian tradisional Thong-thong Lek Dukuh Tawangsari Kecamatan Rembang. Penelitian ini bentujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan, bentuk pertunjukan dan fungsi kesenian tradisional serta proes enkulturasi kesenianThong-thong Lek di Dukuh Tawangsari Kecamatan Rembang. Namun dalam penelitian ini penulis lebih memfokuskan pada enkulturasi,kajian bentuk pertunjukan dan fungsi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif bertujuan untuk mendapatkan gambaran obyek penelitian berdasarkan fakta-fakta yang ada. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, teknik wawancara, dan teknik dokumentasi. Aanalisis model interaktif dengan tahap reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa perkembangan kesenian tradisional Thong-thong Lek kini menjadi lebih berkembang dan dikenal oleh masyarakat luas dengan adanya festival Thong-Thong Lek. Bentuk pertunjukan festival kesenian tradisional Thong-thong Lek berkelompok dan mempunyai bentuk pertunjukan yang bervariasi mulai dari bentuk penyajian, tata panggug, tatarias, tata busana, tata suara, tata lampu, dan tata formasi yang di gunakan. Fungsi sebagai media hiburan dan komunikasi untuk membangunkan orang untuk sahur pada bulan suci Ramadhan. Serta proses enkulturasi terhadap kesenian tersebut mencakup dua aspek: Informal (keluarga dan lingkungan masyarakat), Nonformal (instruktur). SimpulanThong-tong lek sebagai sebuah kesenian memiliki fungsi dalam kelangsungannya sebagai budaya masyarakat Rembang. Saran untuk kesenian Thong-tong lek dapat dipertunjukkan lebih banyak supayaKesenian Thongtonglek sebagai kesenian identitas Kabupaten Rembang dapat terus lestari dan dapat menyesuaikan perubahan waktu.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci :Kesenian Tradisional, Bentuk Pertunjukan dan Fungsi,Enkulturasi Budaya.
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 24 Apr 2018 16:24
Last Modified: 24 Apr 2018 16:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30860

Actions (login required)

View Item View Item