ANALISIS METODE DAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK TUNANETRA DI SANGGAR VOKAL CHYTARA SINGER SEMARANG
Herning Bangkit Sangsoko , 2501412085 (2017) ANALISIS METODE DAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN VOKAL PADA ANAK TUNANETRA DI SANGGAR VOKAL CHYTARA SINGER SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (333kB) | Preview |
Abstract
Banyak anak tunanetra dengan bakat bernyanyi tapi tidak pernah digali karena keterbatasan fisik mereka dan kebanyakan orang tua hanya fokus kepada satru indra yaitu indra pendengaran sebagai pengembangan bakat khususnya dibidang musik. Hal inilah yang menghambat perkembangan keahlian yang mereka miliki, Berdasarkan hal tersebut maka dilakukan penelitian tentang analisi metode dan media pembelajaran vokal pada anak tuna netra di sanggar vokal Chytara Singer Semarang. Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana metode dan media pembelajaran vokal pada anak tuna netra. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode dan media pembelajaran vokal pada anak tuna netra. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode kualitatif deskripsi yaitu peneliti terjun langsung ke lapangan untuk mengamati kegiatan belajar mengajar. subyek penelitian ini pengajar, siswa tunanetra. Lokasi penelitian berada di Chytara Singer Semarang dengan sasaran penelitian yaitu pengajar dan siswa tunanetra.. Pengumpulan data penelitian menggunakan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Metode pembelajaran yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun membuat siswa mengerti tentang materi pembelajaran vokal untuk anak tunanetra yang disampaikan oleh pelatih, metode yang dilakukan tidak hanya satu yaitu metode ceramah, metode tanya jawab, metode imitasi dengan media suara, metode drill dan metode Pemberian Tugas, membuat siswa senang dalam pembelajaran vokal dan membuktikan bahwa siswa tunanetra juga bisa menggunakan metode-metode pembelajaran yang digunakan untuk anak yang tidak memiliki keterbatasan hanya dengan pendekatan yang berbeda dan terjadinya timbal balik antara pelatih dan siswa membuat sistem pembelajaran berhasil. Alat bantu pembelajaran yang digunakan di Chytara Singer juga beragam antara lain: keyboard, MIDI, minus one membuat siswa menjadi bersemangat. Penggunaan alat bantu sebagai sarana pengajaran kepada siswa membuat siswa semangat mengerjakan materi yang diberikan. Keaktifan siswa juga lebih jika menggunakan alat bantu sebagai pembelajarannya, siswa jadi senang dan mudah menerima materi yang diajarkan. Berdasarkan kesimpulan di atas, hal-hal yang sebaiknya dilakukan oleh guru maupun sanggar agar proses belajar mengajar menjadi aktif, mandiri dan kreatif.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Analisis Metode dan Media, Pembelajaran Vokal, Anak Tunanetra. |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 24 Apr 2018 16:13 |
Last Modified: | 24 Apr 2018 16:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30858 |
Actions (login required)
View Item |