PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER VOKAL GRUP DI SMP NEGERI 8 PATI : ANALISIS METODE PEMBELAJARAN VOKAL
Gatra Adhi Wirama , 2501412081 (2017) PEMBELAJARAN EKSTRAKURIKULER VOKAL GRUP DI SMP NEGERI 8 PATI : ANALISIS METODE PEMBELAJARAN VOKAL. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (465kB) | Preview |
Abstract
Kegiatan ekstrakurikuler merupakan kegiatan tambahan di lembaga pendidikan baik formal maupun informal dilaksanakan di luar kegiatan intrakurikuler sekolah. Kegiatan ini ada pada setiap jenjang pendidikan dari sekolah dasar sampai universitas. Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 8 Pati Vokal Grup merupakan salah satu bagian dari ekstrakurikuler Seni Musik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: (1) bagaimana proses pembelajaran ekstrakurikuler vokal grup di SMP Negeri 8 Pati, (2) bagaimana metode pembelajaran ekstrakurikuler vokal grup di SMP Negeri 8 Pati. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis proses pembelajaran dan metode pembelajaran ekstrakurikuler vokal grup di SMP Negeri 8 Pati. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, lokasi penelitian di SMP Negeri 8 Pati. Dengan sasaran penelitian tentang Pembelajaran Ekstrakurikuler Vokal Grup di SMP Negeri 8 Pati : Analisis Metode Pembelajaran Vokal. Teknik pengumpulan data meliputi teknik dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif mencakup reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyatakan bahwa pembelajaran ekstrakurikuler vokal grup di SMP Negeri 8 Pati yang dilaksanakan oleh guru musik adalah: (1) Pembelajaran vokal diawali dengan kegiatan berdoa dan presensi, yang dilanjutkan dengan latihan pernafasan, solfegio, pembentukan suara (artikulasi), intonasi, latihan membaca notasi dan syair lagu “Tul Jaenak” (2) Metode yang digunakan dalam proses pembelajaran vokal grup di SMP Negeri 8 Pati merupakan gabungan dari beberapa metode, antara lain metode ceramah, tanya jawab, demonstrasi, tutor sebaya, latihan dan pemberian tugas, untuk mengarah pada pelaksanaan metode analisis sintetis yang merupakan metode pembelajaran seni musik. Berdasarkan dari hasil penelitian disarankan kepada pembina dalam pembelajaran ekstrakurikuler vokal grup hendaknya selalu up to date terhadap perkembangan musik di masa kini, sehingga mampu membimbing anak didiknya. Pembimbing musik hendaknya mampu mempergunakan media elektronika yang bisa mendukung kegiatan pembelajaran seni musik, sehingga pembimbing mampu mengunduh berbagai kegiatan musik vokal dan instrumen yang bisa ditampilkan di depan anak didik sebagai bahan tambahan dan wawasan bermain musik.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: Ekstrakurikuler, vokal grup, pembelajaran vokal |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 23 Apr 2018 18:57 |
Last Modified: | 23 Apr 2018 18:57 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30856 |
Actions (login required)
View Item |