PENGARUH VARIASI KOMPOSISI FLY ASH SEBAGAI MATERIAL CETAKAN PADA PENGECORAN ALUMINIUM TERHADAP CACAT PERMUKAAN, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO


Hanika Faris Pradana , 5201413023 (2017) PENGARUH VARIASI KOMPOSISI FLY ASH SEBAGAI MATERIAL CETAKAN PADA PENGECORAN ALUMINIUM TERHADAP CACAT PERMUKAAN, KEKERASAN DAN STRUKTUR MIKRO. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413023.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (803kB) | Preview

Abstract

Penggunaan batu bara sebagai bahan bakar dapat menimbulkan pencemaran udara di lingkungan sekitar Pembangkit Listrik Tenaga Uap yang disebabkan oleh fly ash (abu terbang). Fly Ash (FA) merupakan sumber polusi dari sisa bahan bakar batu bara yang dapat dimanfaatkan sebagai campuran cetakan pengecoran logam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui secara empiris pengaruh komposisi fly ash sebagai material cetakan pada proses pengecoran aluminium terhadap cacat permukaan, kekerasan dan struktur mikro. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada variasi komposisi 4 (FA 86%, Semen 12%, Air 2%) mengalami kegagalan karena cetakan tersebut runtuh saat proses penuangan benda cor. Pemeriksaan cacat pada masing-masing spesimen menunjukkan bahwa variasi komposisi 3 (FA 84%, Semen 12%, Air 4%) terdapat cacat yang lebih sedikit. Hasil uji kekerasan pada komposisi cetakan variasi komposisi 1 (FA 80%, Semen 12%, Air 8%) memiliki rata-rata nilai kekerasan 99,6 HV, variasi komposisi 2 (FA 82%, Semen 12%, Air 6%) memiliki rata-rata nilai kekerasan 90,5 HV, variasi komposisi 3 (FA 84%, Semen 12%, Air 4%) memiliki rata-rata nilai kekerasan 78,5 HV. Sedangkan hasil uji struktur mikro, pada variasi komposisi 1 (FA 80%, Semen 12%, Air 8%) menunjukkan bahwa partikel Al berbentuk kasar, teratur serta berwarna putih dan struktur kandungan silisium yang terlihat lebih jelas dibandingkan spesimen variasi komposisi yang lainnya. Saran untuk penelitian selanjutnya, fly ash perlu dikaji ulang penggunaan komposisi yang tepat supaya dapat digunakan sebagai cetakan pengecoran aluminium yang menghasilkan produk cor yang baik. Apabila ingin menghasilkan produk cor aluminium yang memiliki nilai kekerasan tinggi, maka sebaiknya penggunaan kadar air harus di atas 7%.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Fly Ash, Cacat Permukaan, Pengujian Kekerasan, Struktur Mikro
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 23 Apr 2018 18:27
Last Modified: 23 Apr 2018 18:27
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30849

Actions (login required)

View Item View Item