PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SUB MATERI POKOK INDONESIA ZAMAN HINDU-BUDDHA PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017


Siti Nurjanah, 3101413050 (2017) PENANAMAN NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH SUB MATERI POKOK INDONESIA ZAMAN HINDU-BUDDHA PADA SISWA KELAS X MADRASAH ALIYAH NEGERI PURBALINGGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411158.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (438kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran ekstrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 2 Semarang merupakan salah satu kegiatan ekstrakurikuler dalam bidang seni musik. Banyak prestasi yang telah diraih oleh paduan suara SMP Negeri 2 Semarang baik dalam tingkat propinsi maupun tingkat nasional. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana proses pembelajaran esktrakurikuler paduan suara di SMP Negeri 2 Semarang dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Manfaat dari penelitian ini ada 2 yaitu teoritis dan praktis. Manfaat teoritis sebagai kontribusi bagi kepustakaan, bagi penulis selanjutnya agar dapat sebagai dasar rujukan penulisan lebih lanjut. Manfaat praktis yaitu bagi peneliti dapat menambah wawasan dalam pelaksanaan pembelajaran bidang vokal khususnya paduan suara, bagi paduan suara SMP Negeri 2 Semarang dapat menjadi gambaran/ deskripsi tertulis tentang pembelajaran paduan suara. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dengan teknik analisi dan interaktif dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian dan pembahasan menunjukan, ada tiga tahapan pembelajaran yaitu, (1) perencanaan meliputi persiapan materi lagu, mendata siswa, dan menyiapkan alat bantu pembelajaran, (2) pelaksanaan meliputi bentuk latihan antara lain pemanasan, sikap tubuh, pernapasan, artikulasi, intonasi, membaca notasi dan syair lagu, frasering, intrepretasi dan pembawaan lagu, keterpaduan, keseimbangan, (3) evaluasi meliputi tanya jawab dari kesulitan yang dihadapi siswa, penilaian di setiap akhir semester. Faktor-faktor yang mempengaruhi ekstrakurikuler paduan suara yaitu faktor pendukung dan penghambat. Faktor pendukung yaitu, (1) siswa memiliki kerjasama yang baik antar anggota, minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler, dorongan diri siswa untuk meraih prestasi (2) pelatih memiliki sikap profesional yang tinggi, disiplin dan tegas, mampu menumbuhkan semangat dan percaya diri siswa, mampu mendekatkan diri dengan siswa. (3) sekolah menyediakan sarana dan prasana. Sedangkan faktor penghambat ekstrakurikuler minimnya kemampuan siswa membaca notasi angka, kurangnya rasa percaya diri dalam bernyanyi dan kurangnya kedisiplinan dalam mengikuti pembelajaran. Saran yang dapat diberikan peneliti adalah siswa harus lebih percaya diri dalam bernyanyi dan disiplin dalam mengikuti pembelajaran, hendaknya pelatih terus menambah wawasan yang luas tentang musik terutama yang menyangkut dalam bidang olah vokal, dalam proses pembelajaran lebih di tingkatkan lagi kreativitasnya, bagi sekolah diharapkan agar terus menjaga eksistensinya dalam mengembangkan ekstrakurikuler paduan suara, bagi sekolah lain dapat menjadi referensi dalam pembelajaran paduan suara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME, PEMBELAJARAN, SEJARAH INDONESIA, HINDU-BUDDHA,
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BQ Buddhism
D History General and Old World > D History (General) > D051 Ancient History
D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 20 Apr 2018 16:56
Last Modified: 20 Apr 2018 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30845

Actions (login required)

View Item View Item