BENTUK DAN FUNGSI TARI DAYAKAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN


Gita Bayu Andini , 2501411147 (2017) BENTUK DAN FUNGSI TARI DAYAKAN DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMP NEGERI 1 MUNTILAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501411147.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (191kB) | Preview

Abstract

Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib bagi kelas VII di SMP Negeri 1 Muntilan, sedangkan kelas VIII yang mengikuti pramuka hanya regu inti saja. Bentuk kegiatan ekstrakurikuler pramuka salah satunya adalah kesenian dengan materi kesenian Tari Dayakan. Pembelajarannya mengandung unsur bentuk dan fungsi Tari Dayakan yang bisa diterapkan terhadap siswa. Siswa diajarkan bentuk Tari Dayakan meliputi gerak, iringan, tata rias, tata busana, tempat, tata lampu, dan properti. Tari Dayakan juga memiliki fungsi yang meliputi sebagai sarana hiburan dan sebagai media pendidikan Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah Bagaimana bentuk Tari Dayakan dan apakah fungsi Tari Dayakan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Muntilan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui, memahami, dan mendeskripsikan serta mengkaji tentang Bentuk dan Fungsi Tari Dayakan dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Muntilan. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dokumentasi, dan sumber tertulis. Analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan credibelity, transferability, dependability, dan confirmability dengan teknik pemeriksaan data peneliti menggunakan triangulasi data, yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori. Hasil penelitian meninjau hal bentuk dan fungsi Tari Dayakan dalam kegiatan ekstrakurikuler pramuka di SMP Negeri 1 Muntilan adalah Tari Dayakan sebagai sarana hiburan dan sebagai media pendidikan. Tari Dayakan dijadikan hiburan dalam acara inagurasi pada perkemahan pramuka serta pawai karnaval, juga berfungsi untuk media pendidikan agar para siswa disiplin dalam waktu berlatih. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disarankan bahwa kesenian Tari Dayakan perlu terus dipertahankan dan dilestarikan agar siswa-siswi lebih mengenal budayanya sendiri, dengan cara mengajak semua siswa-siswi SMP Negeri 1 Muntilan untuk ikut berpartisipasi belajar Tari Dayakan di luar kegiatan ekstrakurikuler pramuka dan selain sebagai sarana hiburan di acara inagurasi pada perkemahan pramuka seharusnya Tari Dayakan juga bisa ditampilkan di acara perpisahan sekolah, pentas seni tahunan sekolah, dan lebih profesional dalam acara penyambutan di tingkat kabupaten maupun nasional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Bentuk, Fungsi, Tari Dayakan
Subjects: N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 20 Apr 2018 16:49
Last Modified: 20 Apr 2018 16:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30844

Actions (login required)

View Item View Item