Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tirto Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007


Masykur , 4201402017 (2007) Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tirto Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of “Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tirto Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007]
Preview
PDF (“Penerapan Metode SQ3R dalam Pembelajaran Kooperatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Pokok Bahasan Tata Surya pada Siswa Kelas VII SMPN 1 Tirto Pekalongan Tahun Ajaran 2006/2007) - Published Version
Download (910kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang berupa wawancara dengan guru mata pelajaran Fisika SMP Negeri 1 Tirto Pekalongan terungkap pokok bahasan Tata Surya kurang diminati oleh siswa. Selain itu keaktifan siswa selama proses pembelajaran berlangsung masih rendah. Hasilnya, persentase jumlah siswa yang tuntas belajar pada pokok bahasan tata surya rata-rata hanya mencapai 68% dari seluruh siswa. Padahal standar ketuntasan belajar sebagai acuan adalah sebanyak 85% dari seluruh jumlah siswa. Karakteristik materi pokok bahasan tata surya secara umum berupa uraian deskriptif, sehingga perlu metode yang tepat untuk memperoleh hasil belajar secara lebih optimal. Metode SQ3R adalah metode memahami teks secara aktif yang meliputi tahap-tahap: survey (menyelidiki), question (bertanya), read (membaca), recite (memahami) dan review (mengulangi). Pembelajaran kooperatif merupakan kegiatan belajar yang dilakukan siswa dengan cara bekerja sama dalam kelompok-kelompok kecil, dimana setiap siswa bisa berpartispasi dalam tugas-tugas kolektif yang telah ditentukan dengan jelas. Penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif memberi kesempatan kepada siswa untuk mempelajari teks materi secara aktif dan efisien sekaligus siswa dapat menunangkan ide-ide terhadap konsep yang dipelajari melalui diskusi kelompok. Jadi penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif sangat sesuai dengan karakteristik pokok bahasan tata surya tersebut. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dengan dua siklus pembelajaran. Tahap penelitian ini meliputi siklus: Perencanaan, Tindakan, Observasi, Analisis Data dan Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII C SMPN 1 yang berjumlah 50 siswa. Faktor-faktor yang diteliti adalah hasil belajar dan aktivitas siswa selama mengikuti proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan terjadi peningkatan hasil belajar dan aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung cukup signifikan. Pada siklus I ketuntasan belajar klasikal siswa tercapai 68% dengan nilai rata-rata 66,3. Kemudian pada siklus II ketuntasan belajar klasikal meningkat menjadi 88% dengan nilai rata-rata 73,8. Sedangkan ketuntasan aktivitas belajar pada siklus I diperoleh aktivitas fisik sebesar 70%, aktivitas mental 56% dan aktivitas emosional sebesar 60%. Kemudian pada siklus II ketuntasan keaktifan belajar aktivitas fisik meningkat menjadi 88%, aktvitas mental 80% dan aktivitas emosional sebesar 86%. Dengan demikian disimpulkan bahwa penerapan metode SQ3R dalam pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa pada pokok bahasan tata surya. Untuk memperoleh hasil penelitian yang lebih baik, sebaiknya siswa sering dilatih mempersiapkan bahan belajar. Selain itu ketersediaan sarana sekolah perlu ditambah agar jumlah siswa sesuai dengan kapasitas ruang kelas, sehingga pelaksanaan proses pembelajaran berlangsung secara efektif

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode SQ3R, Pembelajaran Kooperatif, Hasil Belajar
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Fisika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 01 Aug 2011 04:20
Last Modified: 25 Apr 2015 05:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3084

Actions (login required)

View Item View Item