BENTUK PERTUNJUKAN DAN NILAI SPIRITUAL PADA TARI JARAN GRIBIG DI DESA SIBELIS KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG


Ummu Habibah Ekasari , 2501410093 (2017) BENTUK PERTUNJUKAN DAN NILAI SPIRITUAL PADA TARI JARAN GRIBIG DI DESA SIBELIS KECAMATAN BANDAR KABUPATEN BATANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2501410093.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (387kB) | Preview

Abstract

Bentuk sajian Tari Jaran Gribig mengandung makna spiritual yaitu, merupakan salah satu wujud dari perpaduan antara gerak tari yang di lakukan dengan mengikuti iringan musik gamelan. Bentuk Tari Tari Jaran Gribig tersebut diperpadukan dengan unsur mistik atau magis dimana hal tersebut tentunya menambah daya tarik akan tari Jaran Gribig yang ada di desa Sibelis. Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana bentuk sajian dalam Tari Jaran Gribig di desa Sibelis kecamatan Bandar kabupaten Batang (2) Bagaimana nilai spiritual yang terdapat pada Tari Jaran Gribig di desa Sibelis kecmatan Bandar Kabupaten Batang ; Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah ; (1) Bentuk sajian Tari dan nilai spiritual Jaran Gribig yang mengandung makna spiritual (2) Makna spiritual yang terdapat pada Tari Jaran Gribig di desa Sibelis Kecamatan Bandar Kabupaten Batang. Manfaat penelitian ini adalah (1) Memberikan informasi bagi masyarakat umum, khususnya generasi muda sebagai pewaris dan penerus kebudayaan Bangsa (2) Memotivasi latihan pada kegiatan kesenian Jaran Gribig” (3) Memberikan motivasi untuk mempelajari tentang “Tari Jaran Gribig” dan berusaha menjaga kelestariannya (4) Menambah khasanah pengembangan keilmuan tentang “Tari Jaran Gribig”. ix Hasil penelitian yang didapat yaitu Gerak tari pada kesenian tari Jaran Gribig merupakan tarian khas dari kabupaten Batang khususnya di Desa Sibelis dengan perincian gerak tari yang dapat dilihat dari unsur gerak tari, ragam tari dan deskripsi bentuk serta unsur-unsur pokok dalam tari. Bentuk sajian tari Jaran Gribig yang mengandung makna spiritual merupakan salah satu wujud dari perpaduan antara gerak tari yang dilakukan dengan mengikuti iringan musik gamelan. Bentuk tari Jaran Gribig tersebut diperpadukan dengan unsur mistik atau magis dimana hal tersebut tentunya menambah daya tarik akan Tari Jaran Gribig yang ada di desa Sibelis. Saran bagi peneliti diharapkan dapat menambah pengetahuan dan wawasan tentang bentuk pertunjukan dari kesenian tari Jaran Gribig serta supaya tari dan tari Jaran Gribig di Desa Sibelis Kecamatan Bandar Kabupaten Batang tetap berjalan dan dapat dilestarikan. Bagi masyarakat diharapkan lebih memiliki makna yang dapat memberikan kesan kepada masyarakat akan Tari dan pesan moral yang positif, sehingga generasi muda akan lebih menginginkan untuk mempelaari Tari tersebut dan dapat dikemas dengan nuansa serta akulturasi antara peristiwa masa lampau dengan masa yang saat ini dijalani.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PERTUNJUKAN, NILAI SPIRITUAL, TARI JARAN GRIBIG, DESA SIBELIS, KECAMATAN BANDAR, KABUPATEN BATANG
Subjects: M Music and Books on Music > M Music
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NX Arts in general
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Tari)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 20 Apr 2018 13:18
Last Modified: 20 Apr 2018 13:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30836

Actions (login required)

View Item View Item