EVALUASI AKSESIBILITAS TRANSPORTASI BUS RAPID TRANSIT (BRT) KE LOKASI SMA DAN SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Vivi Fajran , 5101413021 (2017) EVALUASI AKSESIBILITAS TRANSPORTASI BUS RAPID TRANSIT (BRT) KE LOKASI SMA DAN SMK NEGERI DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101413021.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (558kB) | Preview

Abstract

Faktor penting dalam kemajuan pendidikan salah satunya adalah Fasilitas dan Aksesibilitas yang memadai dalam pembangunan pelayanan pendidikan yaitu bangunan sekolah. Bangunan sekolah dapat dikatakan memenuhi asas fasilitas dan aksesibilitas, yaitu apabila lokasi bangunan sekolah tersebut mudah dijangkau masyarakat, baik menggunakan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat aksesibilitas transportasi BRT ke lokasi SMA dan SMK Negeri di Kota Semarang yang diaplikasikan kedalam sebuah Sistem Informasi Geografis. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Deskriptif Kuantitatif. Penelitian deskriptif adalah penelitian yang dilakukan untuk mengetahui nilai variabel mandiri, baik satu variabel atau lebih (independent) tanpa membuat perbandingan, atau penghubungan dengan variabel yang lain (Siregar, 2010 : 107). Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik analisis Deskriptif Presentase, Teknik Network analyst dan teknik pengujian Black box. Teknik analisis Deskripif Presentase adalah Data yang bersifat kuantitatif hasil perhitungan dapat diperoleh dengan prosentase, kemudian ditafsirkan dengan kalimat yang bersifat kualitatif. Teknik Network analyst adalah salah satu jenis teknik analisis jaringan dalam menentukan dan menampilkan informasi. Teknik Black box adalah teknik yang digunakan untuk menemukan kesalahan dan mendemonstrasikan fungsional aplikasi saat akan dioprasikan. Hasil penelitian ini adalah data evaluasi aksesibilitas transportasi Bus Rapid Transit (BRT) ke lokasi SMA dan SMK Negeri di Kota Semarang yang ditampilkan menggunakan aplikasi Sistem Informasi Geografis. Aplikasi SIG yang digunakan terdapat beberapa menu yang berisi informasi yang dapat membantu pengguna moda transportasi BRT khususnya siswa sekolah. Simpulan dari penelitian ini adalah aksesibilitas menuju SMA Negeri termasuk dalam kategori aksesibilitas sulit dengan presentase 56% sedangkan akses menuju SMK Negeri termasuk dalam kategori aksesibilitas mudah dengan presentase 73%. Dan aplikasi SIG diharapkan dapat memberikan informasi bagi pengguna transportasi umum khususnya siswa sekolah. Saran dari skripsi ini adalah dapat lebih mengembangkan bagian-bagian dari aksesibilitas selain jarak untuk lebih menambah informasi dan aplikasi ini masih perlu disempurnakan, terlebih lagi untuk peningkatan model dalam bentuk lain yang lebih sempurna, seperti dalam bentuk WEB.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aksesibilitas, Transportasi BRT, Sistem Informasi Geografis (SIG)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 21:30
Last Modified: 26 Jun 2019 21:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30825

Actions (login required)

View Item View Item