ANALISIS EFISIENSI DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEREDUPAN YANG DIPENGARUHI OLEH VOLUME KEPADATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS DI JALAN JENDRAL SUDIRMAN KOTA SEMARANG)


Ahmad Thohir, 5101413017 (2017) ANALISIS EFISIENSI DAYA PENERANGAN JALAN UMUM (PJU) DENGAN MENGGUNAKAN SISTEM PEREDUPAN YANG DIPENGARUHI OLEH VOLUME KEPADATAN LALU LINTAS (STUDI KASUS DI JALAN JENDRAL SUDIRMAN KOTA SEMARANG). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101413017.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (792kB) | Preview

Abstract

Sesuai Undang-Undang No 30 tahun 2007, Peraturan Pemerintah Nomor 70 Tahun 2009 tentang Konservasi Energi dan Instruksi Presiden Nomor 13 tahun 2011, mewajibkan semua instansi pemerintah pusat, daerah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) melakukan upaya penghematan energi dan air dan melaporkannya setiap 3 (tiga) bulan kepada Presiden. Namun, fakta di lapangan menunjukkan pemakaian energi listrik pada lampu PJU yang besar hal ini perlu ditindak lanjuti dengan cara mengefisiensi daya energi listrik untuk PJU dengan cara Penggunaan Sistem peredupan pada PJU Tujuan dari pelaksanaan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui berapa besar efisiensi daya listrik PJU di Jalan Jendral Sudirman dengan menggunakan sistem pemadaman yang dipengaruhi oleh volume kendaraan lalu lintas pada jam 18.00-06.00 WIB. Metode dalam penelitian ini menggunakan mixed methods, yaitu pendekatan dalam penelitian yang mengkombinasikan atau menghubungkan antara metode penelitian kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan yaitu penerapan sistem peredupan pada penerangan jalan umum dengan tolok ukur volume kepadatan lalu lintas mempunyai pengaruh yang besar terhadap efisiensi penggunaan daya pada penerangan jalan umum di Jalan Jendral Sudirman Kota Semarang. Dapat disimpulkan besar persentase penghematan daya penerangan jalan umum pada hari efektif sebesar 39,07% dan persentase penghematan daya penerangan jalan umum pada hari libur sebesar 32,81%. Atau jika dirata rata selama satu tahun yaitu sebesar 37,26 %.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Lampu Penerangan Jalan Umum(PJU), Efisiensi, Volume Kepadatan Lalu Lintas
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30823

Actions (login required)

View Item View Item