PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER POWER POINT DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKBB DI SMK NEGERI 7 SEMARANG


Khanif Fazal Abidin , 5101412071 (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN MEDIA BERBASIS KOMPUTER POWER POINT DENGAN METODE PICTURE AND PICTURE TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN TKBB DI SMK NEGERI 7 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412071.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (247kB) | Preview

Abstract

Menggambar Manual Pelaksanaan Konstruksi merupakan mata pelajaran yang membahas konstruksi jalan dan ditempuh oleh siswa kelas XI jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton di SMK N 7 Semarang. Materi jalan merupakan hal yang baru bagi siswa maka perlu penyampaian materi yang efektif yaitu menerapakan model pembelajaran menggunakan media berbasis computer Power Point dengan metode Picture and Picture untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen. Penelitian PreExperimental Designs dengan menggunakan One-Group Pretest-Posttest Design merupakan penelitian eksperimen pada suatu kelompok yang sebelum diberi treatment/perlakuan diberikan pre test dahulu kemudian post test yang selanjutnya diobservasi hasilnya antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Sedangkan untuk mendapatkan data menggunakan instrument tes. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran menggunakan media berbasis computer Power Point dengan metode Picture and Picture dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Picture and picture lebih tinggi yaitu 69,64 dibandingkan dengan rata-rata hasil belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional ceramah dengan nilai rata-rata yaitu 59,70. Untuk menyempurnakan pembelajaran selanjutnya diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk mengimplementasi model pembelajaran menggunakan media berbasis computer Power Point dengan metode Picture and Picture terhadap hasil belajar demi efektifnya peningkatan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Metode Picture and picture, Hasil belajar
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30821

Actions (login required)

View Item View Item