PERANCANGAN VISUAL BRANDING KABUPATEN KENDAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI


Adha Azzaki , 2411411111 (2017) PERANCANGAN VISUAL BRANDING KABUPATEN KENDAL DAN APLIKASINYA PADA MEDIA PROMOSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2411411111.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (999kB) | Preview

Abstract

Kabupaten Kendal membutuhkan citra yang baik agar bisa bersaing dengan daerah lain. Citra yang baik berguna untuk kepentingan politik dan juga ekonomi. Untuk itu Kabupaten Kendal harus mampu membuat pelaku bisnis dan investor tertarik menanamkan modalnya. Kabupaten Kendal juga harus mampu menarik perhatian wisatawan untuk datang berkunjung dan membelanjakan uangnya di Kabupaten Kendal. Oleh karena itu, proyek studi ini dibuat untuk merancang strategi pemasaran untuk dapat membuat wisatawan menaruh perhatian mereka kepada Kabupaten Kendal. Strategi yang paling tepat guna meningkatkan citra Kabupaten Kendal adalah dengan membuat perancangan branding. Dengan branding, Kabupaten Kendal dapat menonjolkan karakter yang dimiliki, sekaligus dapat pula dijadikan sarana promosi sumber daya, potensi, dan pariwisata yang ada, agar dikenal jauh lebih luas di masyarakat. Proses perancangan karya melalui 3 tahap. (1) Proses Pra Produksi, meliputi riset, observasi, wawancara, studi pustaka, menganalisa data-data yang didapat, dan membuat strategi pemasaran. (2) Tahap Produksi adalah dengan membuat rancangan karya seperti logo, tagline, elemen visual, merchandise, dan website. (3) Tahap Pasca Produksi meliputi presentasi karya, publikasi, dan evaluasi. Proyek studi menghasilkan beberapa rancangan desain seperti logo, tagline, elemen visual dan juga media promosi seperti iklan baliho, letter sign, merchandise, dan website. Desain menggunakan gaya vektoral, simple, dan modern dengan komposisi tipografi yang berkesan bold dan tegas. Logo branding dibuat dengan mengambil ide dari potensi yang dimiliki Kabupaten Kendal yaitu laut dan pegunungan. Pemilihan karakter tersebut karena dapat mewakili seluruh intrumen yang ada di Kabupaten Kendal. Kombinasi tagline “Permata Pantura” menjadi penjelas dari tujuan logo tersebut. Font yang digunakan pada logo adalah font yang desain original sendiri. Font tersebut diberi nama “Kendal Type” dan berjenis font serif. Terinpirasi dari bentuk aksara Jawa yang memiliki lengkungan yang dinamis, serta desain font yang memiliki bentuk ujung yang runcing terinspirasi dari posisi tangan Ngrayung pada Tari Rodhat atau Lengguk dan kesenian Opak Abang khas Kabupaten Kendal. Kemudian perancangan desain tersebut digunakan pada media promosi yang berguna untuk mengenalkan branding Kabupaten Kendal kepada masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Branding Daerah, Media Promosi, Branding Kabupaten Kendal
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce
N Fine Arts > N Visual arts (General) For photography, see TR
N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration
N Fine Arts > ND Painting
N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Rupa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 18 Apr 2018 16:58
Last Modified: 18 Apr 2018 16:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30817

Actions (login required)

View Item View Item