PENGARUH VARIASI PENDINGINAN PADA PROSES QUENCHING TERHADAP NILAI KEKERASAN, STRUKTUR MIKRO DAN KETANGGUHAN HASIL PENGECORAN ALUMINIUM LIMBAH PISTON


Dias Imawan , 5201413013 (2017) PENGARUH VARIASI PENDINGINAN PADA PROSES QUENCHING TERHADAP NILAI KEKERASAN, STRUKTUR MIKRO DAN KETANGGUHAN HASIL PENGECORAN ALUMINIUM LIMBAH PISTON. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (714kB) | Preview

Abstract

Banyaknya industry bidang pengecoran yang menggunakan proses tuang ulang menggunakan limbah yang dilebur kembali. Hal ini menyebabkan perubahan sifat fisis dan menakis menurun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Variasi Pendinginan pada Proses Quenching terhadap Nilai Kekerasan, Ketangguhan dan Struktur Mikro Hasil Pengecoran Aluminium Limbah Piston. Penelitian ini merupakan One shot case study dimana variabel bebas divariasikan kemudian diobservasi. Variasi bebas dalam penelitian ini adalah variasi pendingin berupa oli SAE 20, larutan garam dan raw material pendinginan suhu kamar. Variabel terikat berupa uji, kekerasan, struktur mikro dan ketangguhan spesimen yang dihasilkan. Teknik analisis data menggunakan statistic diskriptif. Data yang diperoleh disajikan secara deskriptif, berbentuk angka dalam tabel dan divisualisasikan ke dalam grafik kemudian dideskripsikan. Hasil nilai kekerasan perlakuan quenching larutan garam (NaCl) lebih tinggi daripada perlakuan lain. Hasil ketangguhan Impact, spesimen quenching oli SAE 20 lebih tinggi dibandingkan dengan spesimen lainnya. Pembentukan Kristal Al terhadap Kristal Si spesimen quenching larutan garam lebih merata dan menyebar dibandingkan dengan spesimen lainnya. Hal ini disebabkan media pendingin mempengaruhi laju pendinginan dan pembentukan Kristal Al terhadap Kristal Si.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Aluminium, quenching, kekerasan, struktur mikro, ketangguhan
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2018 14:54
Last Modified: 02 Apr 2019 18:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30814

Actions (login required)

View Item View Item