PEMBUATAN PANDUAN PENGUKURAN GPS GEODETIK DENGAN METODE STATIK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Abdul Mufid , 5101412070 (2017) PEMBUATAN PANDUAN PENGUKURAN GPS GEODETIK DENGAN METODE STATIK PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412070.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (516kB) | Preview

Abstract

Ilmu Ukur Tanah Lanjut merupakan mata kuliah teori dan praktik yang mengharuskan mahasiswa mengetahui dan memahami serta mempraktikan alat-alat praktikum secara mandiri. Salah satu alat yang dugunakan adalah GPS Geodetik yang didalam praktik pengukurannya menggunakan metode statik. Sumber belajar yang sekarang digunakan belum terdapat penjelasan bahan kajian Pengukuran GPS Geodetik Metode Statik. Pembuatan buku panduan merupakan salah satu alternatif pembelajaran individual, yang memberi kepercayaan pada kemampuan individu untuk belajar mandiri. Pembuatan buku panduan dirancang untuk mata kuliah Ilmu Ukur Tanah Lanjut sub bahasan Pengukuran GPS Geodetik Metode Statik diawali dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik materi, dan tujuan pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa terhadap pembuatan buku panduan, dan pengujian validitas buku panduan oleh ahli materi. Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa yang dilakukan mendapatkan persentase sebesar 83% dalam kategori membutuhkan buku panduan untuk memudahkan memahami materi Pengukuran GPS Geodetik Metode Statik. Berdasarkan hasil angket kebutuhan mahasiswa, buku panduan yang diinginkan adalah buku panduan yang lebih menekankan pada materi langkah-langkah atau proses pembuatan Pengukuran GPS Geodetik Metode Statik. Berdasarkan hasil penilaian ahli materi sebesar 80% dalam kategori layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk menyempurnakan kualitas buku panduan diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk mengimplementasikan buku panduan terhadap hasil belajar dan perbaikan buku panduan demi kesempurnaan kualitas buku panduan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Panduan, Ilmu Ukur Tanah Lanjut sub bahasan Pengukuran GPS Geodetik Metode Statik.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30813

Actions (login required)

View Item View Item