PENGARUH THERMAL SHOCK RESISTANCETERHADAP MAKRO STRUKTUR DAN KETAHANAN IMPACT KOWI PELEBUR (CRUSIBLE) BERBAHAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI/ GRAFIT/ KAOLIN


Desi Riana Sari , 5201413001 (2017) PENGARUH THERMAL SHOCK RESISTANCETERHADAP MAKRO STRUKTUR DAN KETAHANAN IMPACT KOWI PELEBUR (CRUSIBLE) BERBAHAN KOMPOSIT ABU SEKAM PADI/ GRAFIT/ KAOLIN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413001.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Indonesia adalah salah satu negara agraris dimana pertanian menjadi salah satu komoditas terbanyak. Hasil pertanian yang mendominasi di antaranya yaitu padi. Salah satu sisa dalam penggilingan padi adalah sekam padi. Secara umum penggunaan sekam di Indonesia masih terbatas yaitu sebagai media tanaman hias, pembakaran bata merah, alas ternak untuk unggas, kuda, sapi, kambing, dan kerbau. Bahkan di kawasan industri pengolahan makanan seperti pabrik makanan sekam padi hanya digunakan sebagai bahan bakar dan abunya dibuang begitu saja. Oleh karena itu, dalam penelitian ini abu sekam padi akan digunakan sebagai bahan pembuatan kowi atau cawan lebur. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh thermal shock resistance terhadap hasil makro struktur kowi pelebur (crusible) berbahan komposit abu sekam padi/ grafit/ kaolin dan mengetahui pengaruh thermal shock resistance terhadap ketahanan impact kowi pelebur (crusible) berbahan komposit abu sekam padi/ grafit/ kaolin. Metode penelitian ini menggunakan metode statistika deskriptif. Metode ini digunakan untuk memberikan gambaran terhadap perubahan yang terjadi setelah dilakukan perlakuan tertentu dengan variabel bebas terhadap variabel terikat. Hasil penelitian permukaan perpatahan pada temperatur 200 0C sampai dengan 600 0C, dimana kondisi ini material terjadi perpatahan getas yang ditandai dengan ciri pembelahan (cleavage) dan permukaan patahan terdapat batas butir yang lebih besar dan halus dengan memantulkan cahaya yang tinggi. Perpatahan getas ini juga dapat terjadi secara memecah butir kristal (transgranular) atau sering disebut perpatahan kristalin. Variasi suhu pada thermal shock resistance memiliki pengaruh yang berbeda terhadap tingkat ketangguhan impact pada spesimen uji impact. Ketangguhan terendah sebesar 0,0086 J/mm2 pada suhu thermal shock resistance 600 0C, dan ketangguhan impact tertinggi sebesar 0,0170J/mm2 pada spesimen tanpa perlakuan thermal shock resistance. Simpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah pengaruh variasi suhu thermal shock resistance kowi berbahan arang sekam padi grafit paduan kaolin terhadap hasil struktur makro terlihat pada lebih besarnya bentuk perpatahan yang terjadi pada saat suhu tertinggi dan semakin tinggi variasi suhu thermal shock resistance kowi berbahan arang sekam padi grafit paduan kaolin, maka semakin rendah ketangguhan dan kekerasan pada bahan kowi pelebur, begitu juga sebaliknya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Thermal Shock Resistance, Impact, Kowi Pelebur (crusible), Arang Sekam Padi, Grafit, Kaolin
Subjects: L Education > Special Education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 18 Apr 2018 13:53
Last Modified: 29 Mar 2019 15:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30803

Actions (login required)

View Item View Item