PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA KULIAH TEKNIK DRAINASE PERKOTAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Rizqi Indira Febyanti , 5101412044 (2017) PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS MOODLE PADA MATA KULIAH TEKNIK DRAINASE PERKOTAAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412044.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (414kB) | Preview

Abstract

Mata Kuliah Teknik Drainase Perkotaan saat ini menggunakan slide presentasi sebagai media. Seiring berkembangnya teknologi, membutuhkan media yang lebih bervariasi. Masalah lain yaitu waktu perkuliahan di kelas yang terbatas, membuat mahasiswa masih bingung dengan materi yang disampaikan. Pembuatan media pembelajaran e-learning berbasis moodle diawali dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik materi, merumuskan tujuan dan materi, merumuskan alat pengukur keberhasilan, GBPM/menulis naskah media, dan merumuskan instrumen untuk ahli. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui media e-learning berbasis moodle seperti apa yang diinginkan oleh mahasiswa dan mengetahui seberapa besar kelayakan media e-learning berbasis moodle. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti yang meliputi lima tahapan, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa terhadap media pembelajaran, dan pengujian validitas media oleh ahli materi dan ahli media. Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa yang dilakukan mendapatkan persentase sebesar 79% dalam kategori membutuhkan media e-learning berbasis moodle yang seperti berikut: media yang fleksibel, bisa dibuka/diakses setiap saat, terhubung internet (online) dan bisa berinteraksi dengan dosen, serta mahasiswa lain selain di dalam kelas, tampilan (themes) menarik dan bisa diubah-ubah, terdapat materi dan assignment, chatting, forum diskusi, dan kuis interaktif. Pada pemaparan materi disajikan secara lengkap, detail disertai visualisasi. Dicantumkan kompetensi yang harus dikuasai dan tujuan pembelajaran, pengunggahan materi atau tugas di moodle bisa berbagai format, serta ada evaluasi dalam media pembelajaran yang terdapat umpan balik yang tepat dengan pemberian skor nilai untuk mengukur kemampuan. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 83% dalam kategori valid yang berarti layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan hasil penilaian ahli media sebesar 97% dalam kategori sangat valid yang berarti sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Untuk menyempurnakan kualitas media pembelajaran elearning berbasis moodle diperlukan adanya penelitian lanjutan untuk mengimplementasikan media terhadap hasil belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan Media Pembelajaran, E-learning berbasis Moodle, Teknik Drainase Perkotaan
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30798

Actions (login required)

View Item View Item