PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, DISIPLIN PEGAWAI DAN KEADILAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG


Rika Ayu Eliani , 7101413388 (2017) PENGARUH KOMPETENSI PEGAWAI, DISIPLIN PEGAWAI DAN KEADILAN PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN MASYARAKAT DI KANTOR KECAMATAN UNGARAN BARAT KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413388.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Banyak pandangan negatif mengenai organisasi publik muncul karena ketidakpuasan masyarakat terhadap kualitas layanan yang diterima. kepuasan masyarakat merupakan faktor yang sangat penting dan menentukan keberhasilan penyelenggaraan pelayanan publik. Berdasarkan observasi awal secara keseluruhan hasil IKM Kecamatan Ungaran Barat tahun 2016 berada pada kategori rendah yaitu 61,45. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh simultan dan parsial antara kompetensi pegawai, disiplin pegawai dan keadilan pelayanan terhadap kepuasan masyarakat di Kantor Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Populasi dalam penelitian ini adalah semua masyarakat yang melakukan pelayanan di Kantor Kecamatan Ungaran Barat Kabupaten Semarang. Teknik pengambilan sampel dengan insidental sampling, dan perhitungan jumlah sampel menggunakan rumus iterasi diketahui jumlah sampel adalah 115 orang dengan ketentuan orang yang sudah melakukan pelayanan minimal 3 kali. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif persentase, uji asumsi klasik dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis regresi berganda diperoleh persamaan: Y= -3,794+0,385X1+0,227X2+0,681X3+e. Secara simultan (uji F) menunjukkan bahwa signifikansi 0,000, sehingga Ha1 diterima. Secara parsial (uji t) variabel kompetensi pegawai diperoleh signifikansi 0,000, sehingga Ha2 dinyatakan diterima. Variabel disiplin pegawai diperoleh signifikansi 0,003, sehingga Ha2 dinyatakan diterima dan variabel keadilan pelayanan diperoleh signifikansi 0,000 sehingga Ha4 diterima. Koefisien determinasi simultan (R2) antara kompetensi pegawai, disiplin pegawai dan keadilan pelayanan terhadap kepuasan masyarakat sebesar 85,50%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh simultan dan parsial kompetensi pegawai, disiplin pegawai dan keadilan pelayanan terhadap kepuasan masyarakat. Saran yang diberikan dengan hasil penelitian yaitu pegawai lebih menampilkan sikap sebagai aparatur pemerintah yang baik, program Training reguler kepada petugas oleh pimpinan untuk mengubah mindset petugas dalam meningkatkan minat, pegawai dianggap tidak hadir apabila tidak mematuhi peraturan kantor, pihak kecamatan dapat menyediakan nomor antrian yang jelas sebagai urutan dalam pelayanan dan memberikan sosialisasi terkait prosedur pelayanan yang jelas. Many negative views of public organization appears because of public dissatisfaction with the quality of service which their received. Community satisfaction is very important and determines the succes of public service. Based of preliminary observations as a whole, the result of Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) in the Ungaran Barat Subdistrict on 2016 at lob category that is 61,45. The purpose of this study to investigate the effect simultaneously and partially employee competence, employee discipline and service fairness to the satisfaction of the community in the Ungaran Barat Subdsitrict Office, Regency of Semarang. The population in this study is all community who have services at Ungaran Barat Subdisitrict Office Regency of Semarang. Sampling technique used insidental sampling and calculation total samples used iteration formula known total samples is 115 people with the provicions of the person is has done the service at least 3 times. Method of collecting data was questioner. Analysis method used descriptive percentage analysis, classical assumption test, and multiple linear regression analysis. The resultan of research showed that multiple regression analysis obtained equation: Y = -3,794 + 0,385X1 + 0,227X2 + 0,681X3 + e. Simultaneously (F test) showed that significance is 0,000, so Ha1 was accepted. Partially (t test) employee competence variabel obtained significance 0,003, so Ha2 was accepted. Discipline employee variabel obtained significance 0,000, so Ha3 was accepted and service fairness variabel obtained significance 0,000, so Ha4 was accepted. Simultaneous determination coefficient (R2) between employee competence, employee discipline and service fairness to the community satisfaction is 85,50%. Based on the resultan of research, it can be concluded that there is simultaneous influence and partial of employee competence, employee discipline and service fairness to the community satisfaction. It is suggested to employee to display a reflection of good character, reguler training programs to change the mindset of employee in increase interest, Camat give provides guidance and strict sanctions for obedient employees of office regulation. The subdistrict can provide a clear queue number so that service ari provided in a coherent a provide a clear dissemination service procedures.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi Pegawai, Disiplin Pegawai, Keadilan Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat Employee Competence, Employee Discipline, Service Fairness and Community Satisfaction.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 16 Apr 2018 14:50
Last Modified: 16 Apr 2018 14:50
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30787

Actions (login required)

View Item View Item